Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla (PSSI)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pelatih asing mencuat setelah wacana Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, untuk mencari pengganti Shin Tae-yong sebagai juru taktik timnas Indonesia.

Menurut Ketua Umum PSSI, Shin Tae-yong merasa keteteran karena harus menangani tiga kelompok usia timnas Indonesia secara sekaligus.

Oleh karena itu, Ketua Umum PSS berusaha memberikan tugas yang lebih spesifik untuk Shin Tae-yong, yakni menyiapkan timnas Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 2023.

“Menurut saya, saat ini dia (Shin Tae-yong) keteteran dengan menangani tiga kelompok usia tersebut,” kata Iriawan saat ditemui awak media, Selasa (7/6/2022).

“Jadi, kami akan merekomendasikan Shin Tae-yong untuk memegang timnas yang diterjunkan pada Piala Dunia U-20 2023,” ia melanjutkan.

Iriawan mengatakan, timnas U-23 dan timnas senior nantinya akan diasuh oleh pelatih baru. Sebab, Shin Tae-yong diminta fokus untuk menangani timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 2023.

“Jadi, nanti skuad U-23 dan timnas Indonesia akan diserahkan kepada pelatih yang lain,” ujar lelaki yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pelatih yang cocok untuk menggantikan Shin Tae-yong sebagai juru taktik timnas Indonesia.

1. Robert Rene Alberts

Tak berlebihan kiranya untuk menyebut Robert Rene Alberts sebagai salah satu pelatih asing terbaik yang saat ini ada di Indonesia.

Apalagi, rekam jejak Robert Alberts melatih klub Indonesia terhitung panjang. Dia sudah pernah menangani sejumlah klub besar, mulai dari Arema FC, PSM Makassar, hingga Persib Bandung.

Bersama Arema FC, Robert sukses meraih gelar juara Liga Indonesia 2009/2010. Sedangkan bersama Persib, ia meraih gelar runner-up di Liga 1 2021-2022.

2. Stefano Cugurra

Salah satu pelatih yang memiliki prestasi mentereng selama beberapa musim terakhir di Liga 1 ialah Stefano Cugurra. Juru taktik asal Brasil ini bergelimang kesuksesan.

Setelah sempat membawa Persija Jakarta juara pada Liga 1 2018, pelatih yang akrab disapa Teco ini kembali mengantarkan Bali United juara secara back-to-back di Liga 1 2019 dan 2021-2022.

Teco dianggap sebagai sosok pelatih yang disegani oleh pemainnya. Ia juga memahami karakter pemain lokal serta bisa memanfaatkan kualitas para pemainnya.

3. Luis Milla

Salah satu pelatih asing yang barangkali bakal mendapat sambutan hangat apabila kembali ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia ialah Luis Milla.

Juru taktik asal Spanyol itu memang belum bisa mempersembahkan gelar juara selama bertugas mengasuh timnas Indonesia.

Akan tetapi, permainan timnas Indonesia di bawah arahan Luis Milla bisa menghibur publik karena memperagakan gaya permainan yang menarik.

Tentu saja, Luis Milla menjadi salah satu pelatih yang paling tepat jika PSSI mencari sosok pengganti Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More