Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali resmi mengumumkan Piala Presiden 2022 sebagai turnamen pramusim. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Bolatimes.com - Piala Presiden 2022 akan segera bergulir mulai Sabtu (11/6/2022) hingga 17 Juli mendatang. Berikut skema dari fase grup hingga babak final.

Di fase grup, ada empat tim yang dipilih sebagai tuan rumah yaitu Persis Solo (Stadion Manahan), Persib Bandung (Stadion Gelora Bandung Lautan Api), Borneo FC Samarinda (Stadion Segiri), dan Arema FC (Stadion Kanjuruhan).

Persis Solo ada di Grup A bersama Dewa United, PSIS Semarang, Persita Tangerang, dan PSS Sleman. Grup B ada Borneo FC Samarinda, Barito Putera, Rans Nusantara FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Baca Juga:
Elkan Baggott Pastikan Timnas Indonesia Siap Tempur Lawan Kuwait

Lalu Grup C diisi oleh Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, dan Persebaya Surabaya. Terakhir Grup D ada Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, dan Persik Kediri.

Juara dan runner-up dari masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar. Juara grup otomatis akan menjadi tuan rumah dalam babak tersebut.

"Semua tim punya peluang jadi tuan rumah. Misalnya nih Barito Putera jadi juara grup, ya kita main di Banjarmasin pas babak delapan besar, jadi tergantung hasil," kata Organizing Committe Piala Presiden 2022, Sudjarno kepada awak media.

Baca Juga:
5 Alasan Indonesia Bakal Kalahkan Kuwait di Laga Perdana Kualifikasi Piala Asia 2023

Adapun untuk babak semifinal dan final akan berlangsung dalam dua leg. Aturan itu diharapkan bakal menambah seru ajang ini karena masing-masing tim akan mendapat dukungan langsung dari suporternya masing-masing.

Sebagaimana diketahui, suporter telah dipastikan boleh menghadiri ajang Piala Presiden 2022 di stadion meski jumlahnya masih dibatasi yakni 75 persen dari kapasitas venue yang digunakan.

"Semifinal menjadi dua leg. Final juga begitu," sambung Sudjarno yang juga merupakan Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru tersebut.

Baca Juga:
Kualifikasi Piala Dunia 2022: Australia Selangkan Lagi ke Qatar usai Kalahkan Uni Emirat Arab

Perempatfinal akan dimainkan pada 2 dan 3 Juli 2022. Sementara semifinal pada 7 dan 11 Juli, lalu final berlangsung 14 dan 17 Juli.

Adapun Piala Presiden 2022 menghadirkan total hadiah sebesar Rp2 miliar. Namun, masih ada peluang hadiah tersebut bertambah.

Baca Juga:
Mundur dari Indonesia Masters 2022, Anders Antonsen Curhat Pilu

Load More