Husna Rahmayunita
Bek Timnas Indonesia keturunan Inggris, Elkan Baggott. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott menegaskan Skuad Garuda siap menghadapi Kuwait di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023

Elkan Baggott mengatakan bahwa dirinya dan rekan-rekannya sudah beradaptasi dengan cuaca Kuwait yang panas. Selain itu, disebutkannya, latihan Timnas Indonesia juga terbilang lancar tanpa kendala.

Jelang laga, pemain blasteran Inggris-Indonesia itupun yakin skuad Garuda dapat meraih hasil positif saat lawan Kuawait.

"Para pemain sudah siap untuk bertanding," ujarnya seperti dikutip dari keterangan PSSI.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut setidaknya ada tiga tantangan yang dihadapi anak asuahnya. Pertama cuaca terik Kuwait yang diakuinya baru kali dirasakan olehnya selama berkarier di dunia sepak bola.

"Ini kondisi yang sulit. Namun pemain sudah berupaya untuk beradaptasi dan kami siap berjuang di lapangan," ujar Shin Tae-yong.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga mengatakan bahwa persiapan timnas di Kuwait untuk terkendala cuaca panas.

Di Kuwait, Iriawan menyebut, suhu udara bisa mencapai 42-47 derajat celcius. Pada malam hari barulah suhu menginjak 25-30 derajat celcius.

Kemudian, tantangan timnas selanjutnya menurut Shin Tae-yong yaitu status Kuwait sebagai tuan rumah kualifikasi Grup A.

"Mereka tentu akan mendapatkan dukungan dari penonton," tutur dia.

Tantangan ketiga tentu saja kualitas timnas Kuwait yang bagi Shin Tae-yong tak dapat dipandang sebelah mata.

Meski pria berusia 52 tahun itu menilai Kuwait tak sekuat sebelum tahun 2000, tapi negara berperingkat 146 FIFA tersebut tetap memiliki kualitas yang dapat membahayakan timnas Indonesia.

"Itulah kenapa kami mesti menyiapkan diri dengan baik," kata Shin Tae-yong.

Adapun laga Kuwait vs Timnas Indonesia dijadwalkan digelar di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (8/6/2022) pukul 23.15 WIB, demikian dimuat Antara.

Load More