Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sepanjang sejarah pertemuannya, timnas Indonesia hanya mampu sekali mencatatkan kemenangan atas Kuwait saat berjumpa di berbagai ajang internasional.

Satu-satunya momen ketika timnas Indonesia berhasil mengalahkan timnas Kuwait itu terjadi pada ajang Turnamen Kemerdekaan 1980 yang berlangsung di Malaysia.

Dikutip dari laman 11v11, laga yang berakhir dengan skor 2-1 tersebut menjadi momen pertama perjumpaan antara kedua tim dan menjadi kemenangan pertama sekaligus terakhir bagi timnas Indonesia.

Sebab, semenjak saat itu, skuad Merah Putih tak sekali pun berhasil memenangkan pertandingan ketika berjumpa Kuwait di sejumlah ajang internasional.

Padahal, sebetulnya catatan timnas Indonesia di Merdeka Tournament 1980 tak bisa dikatakan mentereng. Dari tujuh pertandingan, skuad Merah Putih hanya mampu menang satu kali. Satu-satunya kemenangan itu diraih timnas Indonesia atas Kuwait. 

Tiga laga sisanya berakhir imbang dan tiga lainnya berujung dengan kekalahan. Hasilnya, Indonesia harus mengakhiri persaingan di peringkat ketujuh dengan koleksi lima poin dari tujuh pertandingan.

Meskipun demikian, catatan timnas Kuwait ternyata tak jauh lebih baik ketimbang timnas Indonesia. Sebab, Kuwait hanya mampu meraih satu kemenangan dan enam laga lainnya berujung kekalahan.

Satu-satunya kemenangan yang mampu diraih Kuwait pada ajang itu diraih saat berjumpa Burma (Myanmar) dengan skor 3-1.

Dengan hasil buruk itu, Kuwait harus puas menjadi juru kunci Merdeka Tournament, sementara Indonesia berada satu strip di atasnya.

Kemenangan timnas Indonesia atas Kuwait itu juga menjadi yang terakhir kali. Sebab, sampai saat ini skuad Garuda belum pernah berhasil menumbangkan Kuwait.

Dari total enam pertemuan, Indonesia hanya menang sekali, dua kali kalah, dan bermain imbang tanpa pemenang sebanyak tiga kali.

Oleh karena itu, duel antara timnas Indonesia versus Kuwait pada laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 itu akan menjadi pertemuan yang ketujuh bagi kedua tim.

Menurut jadwal, duel antara timnas Kuwait melawan timnas Indonesia bakal berlangsung di Mohammed Al-Hammad Stadium, Rabu (8/6/2022) pukul 23.15 WIB.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More