Irwan Febri Rialdi
Ilija Spasojevic merayakan gol saat Bali United tundukkan Madura United 2-0 di Liga 1 2021. (Instagram/liga1match)

Bolatimes.com - Kebutuhan akan penyerang yang bisa menjadi target man dan mencetak gol menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh Shin Tae-yong.

Permasalahan lini depan ini sudah terlihat sejak Piala AFF 2020 ketika Indonesia cuma menjadi runner-up usai dikalahkan Thailand.

Hal yang sama terjadi pada Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Tidak adanya penyerang yang tajam bikin langkah 'Merah Putih' kesulitan hingga akhirnya cuma mampu membawa pulang medali perunggu.

Ini jelas hal yang tak bisa dibiarkan oleh Shin Tae-yong berlarut-larut. Terlebih, masih ada sederet agenda penting lain yang menanti Timnas Indonesia ke depan.

Terdekat Timnas Indonesia bakal menghadapi Bangladesh pada laga uji coba di FIFA Matchday, lalu bakal melakoni putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal dan merebut tiket ke putaran final Piala Asia 2023, Shin Tae-yong bisa mencoba tiga penyerang ini! Siapa saja mereka?

1. Ilija Spasojevic

Pemain naturalisasi berusia 34 tahun ini tampil moncer selama gelaran Liga 1 2021/22 dan keluar sebagai top scorer. Namun, dia lagi-lagi diabaikan oleh Shin Tae-yong.

Sukses membawa Bali United meraih gelar juara juga tak membikin Shin memilih Spaso untuk masuk ke timnya. Shin lebih memilih Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Fachruddin Aryanto untuk mengisi slot 3 pemain senior di SEA Games 2021. 

Kehadiran Spasojevic bisa sangat membantu lini depan Timnas Indonesia yang butuh target man dan bisa diandalkan dalam mencetak gol.

2. Osvaldo Haay

Tidak ada nama Osvaldo Haay dalam daftar skuad Timnas Indonesia U-23 yang akan diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Absennya Osvaldo di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini cukup ironis buat pemain berusia 23 tahun tersebut.

Pasalnya, Osvaldo Haay merupakan andalan skuad Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2019 di Filipina. Performanya bahkan gemilang sehingga muncul sebagai top skor di cabang sepak bola putra.

3. Samsul Arif

Penyerang anyar milik Persis Solo ini memang sudah tidak muda, usianya kini sudah menginjak 37 tahun. Namun kemampuan dan pengalaman Samsul Arif bisa diandalkan.

Terlebih, penampilan Samsul Arif sedang menanjak belakangan ini. Dia menjadi salah satu penyerang lokal paling subur di Liga 1 2021/22 saat membela Persebaya Surabaya.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More