Irwan Febri Rialdi
Exco PSSI, Hasani Abdulgani. (Dok. Antara)

Bolatimes.com - Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, kebingungan ketika mendapat pertanyaan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengenai kapan paspor Jordi Amat dan Sandy Walsh terbit.

Perwakilan Shin Tae-yong menanyakan hal tersebut kepada Hasani Abdulgani lantaran ingin mendaftarkan Sandy Walsh dan Jordi Amat dalam skuad timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Kuwait pada 8-14 Juni mendatang.

Menanggapi pertanyaan itu, Hasani Abdulgani bingung. Dia tak punya jawaban karena hingga saat ini, proses naturalisasi kedua pemain masih mandek.

Baca Juga:
Reva Adi Utama Jadi Rebutan 7 Klub Liga 1 usai Resmi Berpisah dengan Persebaya Surabaya

Setelah mendapat tanda tangan kedua pemain terkait dokumen pelengkap yang menandakan Sandy Walsh dan Jordi Amat bersedia melepas status warga negara asing (WNA) demi Indonesia, PSSI kembali mendapat ganjalan.

Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh belum bisa rampung karena Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meminta PSSI untuk menyertakan surat keterangan perpindahan warga negara dari negara asal pemain yakni Spanyol dan Belanda.

PSSI hingga saat ini belum bisa melengkapi dokumen yang diminta Kemenkumham karena proses tersebut berkaitan dengan pemerintah negara lain dan diperkirakan memakan waktu tak sebentar.

Baca Juga:
Sempat Disodori Kontrak Baru, Ini Alasan Reva Adi Utama Tinggalkan Persebaya Surarabaya

"'Hai pak Hasani, bolehkah saya bertanya apakah sudah ada update tentang penerbitan paspor Indonesia untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat? Kami telah mulai mengerjakan pendaftaran awal pemain untuk kualifikasi Piala Asia AFC yang akan dimainkan di Kuwait awal Juni. Kami berharap mendapat update dari anda. Terima kasih. (Dari timnya Coach STY)'," tulis Hasani di Instagram.

"Bingung mau jawab apa?," tulisnya.

Baca Juga:
Rans Cilegon FC Resmi Datangkan Mantan Kapten Persebaya Surabaya

Seketika warganet Tanah Air bereaksi, memberikan dukungan kepada Hasani Abdulgani. Banyak juga yang mempertanyakan peran pemerintah dan PSSI.

Salah satu warganet dengan akun @esmeralda_atamo menyalahkan PSSI atas mandeknya proses naturalisasi tersebut. Hasani pun merespons dengan balik bertanya.

"Kenapa PSSI terus yang jadi tertuduh ya?" tulis Hasani di kolom komentar.

Baca Juga:
Salman Alfarid Resmi Gabung Persebaya Surabaya usai Dilepas Persija

Sebelumnya, Hasani Abdulgani terbang ke Eropa untuk menemui Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Ketiga pemain meneken sejumlah dokumen untuk keperluan pindah kewarganegaraan.

Tetapi proses naturalisasi mandek di Kemenkumham karena ada dokumen yang belum lengkap. Hasani Abdulgani juga sempat minta bantuan kepada Presiden Jokowi untuk membantu kelanjutan proses naturalisasi.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More