Irwan Febri Rialdi
Sandy Walsh membantu KV Mechelen menang dramatis di Liga Belgia. (Instagram/@sandywalsh)

Bolatimes.com - Sandy Walsh akan segera membela timnas Indonesia. Namun, apakah kalian tahu kalau sang pemain sejatinya bisa memilih tujuh negara lain selain Indonesia?

Proses naturalisasi pemain berposisi sebagai bek kanan itu kabarnya sudah memasuki tahap akhir.

Sandy pun sudah woro-woro dengan mendatangi Kedutaan Besar Indonesia untuk Belgia di Brussel. Di Kedutaan Besar Indonesia itu, Sandy menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan cukup fasih.

Baca Juga:
Rans Cilegon FC Dikabarkan bakal Boyong Eks Striker Barelona, Bojan Krkic

Bergabungnya Sandy Walsh untuk membela Tim Merah Putih tidak hanya menyita perhatian media dan publik nasional, namun juga media dari luar negeri.

Salah satu media dari Timur Tengah, Alaraby, Senin (14/3/2022) mengangkat cerita Sandy Walsh yang akan membela timnas Indonesia.

"Sandy Walsh, kisah seorang pemain dengan delapan kebangsaan," tulis Alaraby di judul pemberitaannya tersebut.

Baca Juga:
Bukan Barcelona, Erling Haaland Disebut Makin Dekat Gabung Manchester City

"Pemain berusia 26 tahun Sandy Walsh memutuskan untuk memilih tim nasional Indonesia untuk mewakilinya di masa depan,"

Yang menarik kemudian, Sandy Walsh sebenarnya bisa saja memilih negara lain untuk ia bela selain Indonesia.

Sandy bisa saja memilih 8 negara yang tersebar di tiga benua. Pertama, Sandy lahir di Belgia, yang artinya ia berhak atau bisa saja satu tim bersama Eden Hazard dkk.

Baca Juga:
Tanpa Eber Bessa, Bali United Tetap Optimis Hadapi Arema FC

Kedua, ayahnya berasal dari Irlandia, namun lahir di Inggris. Dua negara itu juga bisa saja dipilih oleh Sandy Walsh untuk dibela.

Tak kalah menarik, sang ayah ternyata memiliki keturunan Somalia dan Afrika Selatan dari keluarga besarnya. Dua negara di Afrika itu pun bisa juga dibela oleh Sandy Walsh.

Terakhir, sang ibu memang berasal dari Indonesia namun juga memiliki keturunan Belanda dan Swiss. Lagi-lagi dua negara Eropa itu juga bisa dipilih oleh Sandy Walsh.

Baca Juga:
Ditahan Imbang Barito Putera, Aji Santoso Mulai Pesimis dengan Peluang Juara

Sementara itu, Exco PSSI Hasani Abdulgani beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa keputusan Sandy untuk bela timnas Indonesia tidak melanggar aturan FIFA.

"Garis turunan: Ibu lahir di Belanda dan ayah warga negara British UK (Irlandia Utara). Kakek lahir di Surabaya, Nenek lahir di Purworejo (dari ibu Walsh. Keduanya warga negara Belanda)," tulis Hasani Abdulgani di akun Instagram miliknya.

"Jadi Walsh tidak melanggar article No 7 FIFA. Sebab Kakek dan Nenek mempunyai darah dan turunan Indonesia," pungkas Hasani.

(Suara.com/Galih Prasetyo)

Load More