Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Marc Klok jalani latihan perdana bersama Persib Bandung. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Bomber Persib Bandung Marc Klok berpeluang membela Timnas Indonesia di SEA Games 2021. Hal itu diungkap oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Indra Sjafri menyebut Marc Klok telah didaftarkan PSSI sebagai pemain senior untuk mengikuti kejuaraan SEA Games yang bakal digelar di Vietnam pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

"Kami sudah mendaftarkan Marc Klok ke SEA Games 2021 untuk kuota pemain senior," kata Indra Sjafri saat ditemui awak media di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Baca Juga:
5 Rekor yang Dicatatkan Cristiano Ronaldo Usai Cetak Hattrick

Pada kejuaraan tersebut, khusus cabang olahraga sepakbola akan memainkan pemain di bawah usia 23. Meski begitu, panitia penyelenggara membolehkan ada dua pemain senior alias di atas usia 23 di dalam tim.

Adapun Marc Klok resmi menjadi WNI lewat naturalisasi pada November 2020. Meski sudah sah, ternyata pemain 28 tahun itu belum bisa memperkuat tim nasional Indonesia lantaran tak memenuhi statuta FIFA.

Statuta FIFA 2020 Pasal Ketujuh tentang kelayakan bermain untuk tim perwakilan menjelaskan siapa pun pemain yang ingin bermain di negara barunya, harus lahir di wilayah asosiasi itu, ibu kandung atau ayahnya lahir di wilayah asosiasi itu, nenek atau kakeknya lahir di wilayah asosiasi itu, atau telah tinggal di wilayah asosiasi itu.

Baca Juga:
Segera Gabung Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Antar Viking FC Bungkam Klub Kasta Ketiga

Khusus Klok itu berarti yang bersangkutan baru bisa membela Timnas Indonesia jika sudah lima tahun menetap di Tanah Air. Pasalnya, eks Persija Jakarta itu tak bisa menunjukkan garis keturunan Indonesia.

Marc Klok telah menetap di Indonesia sejak April 2017 ketika bergabung dengan PSM Makassar. Artinya, mantan pemain Persija Jakarta itu tinggal membutuhkan beberapa pekan lagi untuk memenuhi syarat bermain bersama Timnas Indonesia.

"Jumlah pemain senior di SEA Games 2021 boleh dimainkan dua. Namun, yang didaftarkan lebih dari itu. Artinya yang boleh bermain dua, seperti edisi sebelumnya," terang Indra Sjafri.

Baca Juga:
Cetak Hattrick di Laga Man United vs Tottenham, Cristiano Ronaldo Diledek Patrice Evra

"Kami sudah yakin Marc Klok bisa bermain karena dia sudah sesuai aturan selama lima tahun tinggal di Indonesia," imbuhnya.

Load More