Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Cyrus Margono pemain berdarah Indonesia dikontrak Panathinaikos (Instagram/@cmargono)

Bolatimes.com - Pemain berdarah Indonesia, Cyrus Margono, memiliki nama yang Jawa banget. Ternyata, beginilah asal usul nama tersebut.

Cyrus Margono merupakan kiper keturuna Indonesia keturunan Indonesia-Iran. Ia kini memegang paspor Amerika Serikat.

Sejak namanya muncul ke publik, kiper berusia 20 tahun itu mencuri perhatian publik. Sebab, namanya sangat Jawa karena Margono.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Liverpool Bungkam Brighton 2-0, Salah dan Luis Diaz Cetak Gol

Punya nama Cyrus Margono yang kental dengan Jawa, kiper Panathinaikos B lalu menceritakan asal usulnya. Ia mengaku nama itu diberikan oleh sang kakek.

"Jadi kakek saya yang pilih nama itu. Dia pilih nama Margono karena awal nama istrinya dari 'MAR'. Dan kamu tahu kakek saya yang pilih nama itu karena Margono saya pikir nama orang Jawa," ucap Cyrus di kanal YouTube KR TV yang tayang pada Jumat (11/3/2022).

Cyrus Margono cerita asal usul namanya yang jawa banget. (YouTube/KR TV)

"Dia (kakek) yang memilih. Di situlah nama saya berasal," sambung pemain yang lahir di Amerika Serikat.

Baca Juga:
Kiper 192 CM Ingin Rebut Hati Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19

Sementara itu, Cyrus Margono mengaku ingin jadi WNI. Hal itu disampaikan oleh Dubes Indonesia untuk Yunani, Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan saat berkunjung ke kantor PSSI awal Maret lalu.

Dalam kunjungan itu, dari PSSI hadir Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

Dalam kesempatan itu Bebeb memberitahukan jika ada pemain keturunan Indonesia yang kini menjadi warga negara Amerika Serikat berminat menjadi WNI.

Baca Juga:
Jalani Debut Jadi Starter, Shalika Aurelia Gagal Bawa Roma CF Petik Kemenangan

Ia adalah Cyrus Margono yang bermain untuk tim asal Yunani, Panathinaikos B. Sebelum ini, Bebeb juga sudah melakukan pertemuan dengan Cyrus.

"Pemain ini berkeinginan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Umurnya masih 20 tahun dan kini bermain di klub Panathinaikos B. Posisinya adalah kiper,’’ kata Bebeb dilansir dari laman PSSI.

PSSI pun antusias. Sebab, pemain kelahiran 9 November 2001 dengan tinggi 190 cm ini memiliki prospek yang bagus jika bisa bergabung dengan tim U-23 maupun di timnas senior.

Baca Juga:
Arkadia Digital Media Luncurkan Platform Video Clickmov Guna Siapkan Monetisasi Baru

Namun, PSSI belum bisa ambil keputusan. Pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu berkas sang pemain termasuk meminta masukan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Load More