Irwan Febri Rialdi
Yanto Basna dalam konferensi pers jelang laga Malaysia vs Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mantan bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, memberikan wejangan untuk Pratama Arhan yang akan berkarier di luar negeri. Ia meminta eks pemain PSIS Semarang itu buktikan kemampuan karena pesepak bola Indonesia kerap disepelekan.

Pratama Arhan menjadi pesepak bola Indonesia teranyar yang menempuh karier di luar negeri. Dia hengkang dari PSIS Semarang untuk membela klub kasta kedua Jepang (J2 League), Tokyo Verdy.

Yanto Basna mewanti-wanti Pratama Arhan bahwa kemungkinan pemain Indonesia di sepelekan di luar negeri tetap ada. Dia menyampaikan itu sesuai pengalamannya.

Baca Juga:
Shayne Pattynama akan Jadi WNI, Netizen: Wajah Bapaknya Indonesia Banget

Mantan pemain Sriwijaya FC itu merasakan sendiri bagaimana citra pesepak bola Tanah Air kurang dihargai di luar negeri ketika pertama kali merumput di Thailand.

Ia mengaku banyak pemain-pemain Thailand yang menganggap sebelah mata pemain Indonesia. Oleh sebab itu, ia berharap Arhan bisa membaca situasi dan membuktikan pesepakbola Indonesia punya kualitas.

"Ketika saya sampai di sana (Thailand), memang dari kacamata orang Thailand, melihat kita orang Indonesia, agak sedikit disepelekan. Nah itu sempat buat saya down, pasti dialami Pratama Arhan," kata Yanto Basna saat berbincang di Twitter Spaces bersama PSSI Pers, Senin (22/2/2022).

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia usai Shayne Pattynama Setuju Jadi WNI, Auto Lolos Piala Asia?

Bek sayap Timnas Indonesia, Pratama Arhan. [dok. PSSI]

"Itu harus disiapkan, karena memang kita harus terima bahwa level kita di bawah. Tapi bagaimana pemain motivasinya bahwa kita ke sini (luar negeri) bukan untuk gagal," terangnya.

Selain itu, Basna juga mengingatkan bahwa kedatangan Arhan ke Jepang dengan status pemain asing tak perduli dari manapun berasal. Tentunya, klub ingin bukti bahwa sang pemain benar-benar memiliki kualitas.

"Pemain asing, memang benar ketika keluar dari Indonesia, main di negara lain, memang posisi pemain asing ya kalau datang tak bisa bilang dari ASEAN. Pemain asing ya pemain asing, memang itu realita," ungkapnya.

Baca Juga:
Profil Livy Renata, Brand Ambassador Tim eSports yang Viral karena Kepolosannya

"Tapi, itu bukan jadi beban, dulu saya sempat jadikan beban. Setelah adaptasi akhirnya menjadi motivasi, saya pemain asing, main jelek bisa tak dapat klub atau susah dapat tim, atau kontrak turun," pungkasnya.

Adapun Yanto Basna sudah kenyang pengalaman merumput di Thailand sejak 2018. Di tahun pertamanya ia memperkuat Khon Khaen selama satu musim.

Kemudian, ia pindah ke Sukothai FC yang berkompetisi di kasta teratas Liga Thailand. Setelah itu, ia hijrah ke PT Prachuap.

Baca Juga:
Link Live Streaming PSM Makassar vs Persib Bandung, Duel Seru Kick-off Malam Ini

Saat ini dilaporkan kontrak pemain 26 tahun itu bersama PT Prachuap tidak diperpanjang akibat cedera lutut kanan yang dideritanya.

Load More