Irwan Febri Rialdi
Kiper Persija Jakarta, Cahya Supriadi. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Munculnya nama Cahya Supriadi dalam daftar kiper yang dipanggil timnas Indonesia U-23 untuk menjalani pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23 2022 memang cukup mengejutkan.

Cahya Supriadi yang kini berstatus sebagai kiper muda Persija Jakarta itu menyingkirkan beberapa nama penjaga gawang yang kerap dipanggil timnas Indonesia U-23.

Salah satunya yakni Ernando Ari Sutaryadi, kiper asal Persebaya Surabaya yang kini justru tak dipanggil Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022.

Baca Juga:
3 Pemain Top yang Dilewatkan Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022

Dari segi usia, Cahya Supriadi memang terhitung lebih muda ketimbang dua kiper lainnya, yakni Muhammad Adi Satryo (Persik Kediri) dan Muhammad Riyandi (Barito Putera).

Sebagai informasi, Adi Satryo saat ini berusia 20 tahun, sedangkan Riyandi sudah menginjak 22 tahun. Adapun Cahya Supriadi baru berusia 18 tahun.

Besar kemungkinan, Cahya Supriadi bakal menjadi salah satu pemain yang dipersiapkan Shin Tae-yong untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

Baca Juga:
3 Pemain Debutan di Timnas Indonesia U-23, Ada dari Persija dan Persib

Profil Cahya Supriadi

Cahya Supriadi merupakan penjaga gawang muda yang kini berstatus sebagai pemain Persija Jakarta. Dia lahir di Karawang, pada 11 Februari 2003.

Sebelum menembus tim utama Persija Jakarta, Cahya Supriadi telah bermain bersama sejumlah tim muda skuad Macan Kemayoran, yakni U-16 pada 2018-2019 dan U-18 pada 2020.

Baca Juga:
5 Klub yang Menyumbang Pemain Banyak ke Timnas Indonesia U-23

Bersama Persija Jakarta U-18, Cahya dan kawan-kawan sukses meraih peringkat ketiga terbaik di ajang Elite Pro Academy (EPA) U-18.

Meskipun sudah menembus tim utama Persija Jakarta, tetapi sampai saat ini ia belum mencatatkan debutnya di Liga 1 2021-2022.

Terlepas dari hal itu, Cahya Supriyadi bukanlah nama baru bagi Shin Tae-yong dan jajaran pelatih timnas Indonesia.

Baca Juga:
Timnas Vietnam Cetak Sejarah di Sepak Bola ASEAN usai Permalukan China

Sebab, kiper berusia 18 tahun ini sebelumnya pernah mendapat panggilan untuk berlatih bersama timnas Indonesia U-18 di Turki beberapa waktu lalu.

Timnas U-18 memang tengah dipersiapkan jauh-jauh hari. Skuad ini diproyeksikan mewakili Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Cahya mengakui, dia sangat senang bisa menimba ilmu secara langsung dengan penjaga gawang idolanya, Andritany Ardhiyasa.

Kesempatan itu sudah diperolehnya ketika awal musim 2021. Saat itu, dia menjadi salah satu nama pemain muda yang mendapat kesempatan untuk berlatih bersama tim senior.

“Saya sangat mengidolakan Andritany. Dari kecil Persija Jakarta memang jadi klub yang diinginkan,” kata Cahya Supriyadi.

“Saya ingin terus berkembang untuk menjadi kiper terbaik seperti Andritany dan bisa bergabung dengan timnas Indonesia,” ia melanjutkan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More