Irwan Febri Rialdi
Pemain Persib Bandung merayakan gol Kakang Rudianto ke gawang Persikabo. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Debut Kakang Rudianto bersama Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2021-2022 berakhir manis. Pemain muda ini mencetak gol untuk membawa timnya menang atas Persikabo 1973 pada laga pekan ke-21.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Sabtu (29/1/2022) itu, Kakang Rudianto mencatatkan satu-satunya gol yang membawa Persib Bandung menang 1-0 atas Persikabo 1973.

Gol tersebut tercipta ketika Kakang Rudianto berhasil menyambar bola muntah hasil dari sepakan keras Frets Butuan yang dihalau oleh kiper lawan.

Baca Juga:
3 Pemain yang Perlu Dicadangkan Shin Tae-yong saat Timnas vs Timor Leste

Selain gol itu, penampilan perdana Kakang di kompetisi kasta tertinggi juga membantu Persib Bandung mencatatkan nirbobol.

Saat mencatatkan debut itu, Kakang Rudianto masih berusia 18 tahun dan 361 hari, alias empat hari jelang ulang tahunnya yang ke-19.

Usia itu membuatnya jadi debutan termuda keempat Persib Bandung setelah Beckham Putra (019), Gian Zola (2017), dan Indra Mustafa (2018).

Baca Juga:
Sempat Absen, Striker Arema FC Bertekad Bawa Timnas Indonesia Menang

Profil Kakang Rudianto

Pemain Persib Bandung merayakan gol Kakang Rudianto ke gawang Persikabo. (Dok. Persib)

Kakang Rudianto mengawali perjalanannya menimba ilmu sepak bola di sekolah sepak bola (SSB) Atep Seven. Ini adalah SSB yang dimiliki oleh mantan pemain Persib Bandung, Atep.

Kemudian, pemain asal Cianjur, Jawa Barat, ini melanjutkan pendidikannya bersama Diklat Persib Bandung. Di sini, bakatnya semakin terasah dan potensinya semakin dikenali.

Baca Juga:
Prediksi Timnas Indonesia vs Timor Leste di Laga Kedua, Siap Pesta Gol?

Sebab, dari Diklat Persib itu, Kakang berhasil mengikuti seleksi Program Garuda Select jilid kedua pada tahun 2019.

Hal itu tak terlepas dari performanya bersama tim Persib Bandung U-16 yang berkompetisi di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 pada musim 2019

Pemain kelahiran 2 Februari 2003 itu pun lantas mendapat kesempatan untuk berlatih intensif di Inggris bersama Garuda Select II.

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Timor Leste 30 Januari 2022

Setelah itu, Kakang berkesempatan untuk mengikuti trial bersama Persib Bandung dan harus melewati rute yang umumnya dijalani pemain lain, yakni lewat Persib Bandung U-20, hingga Bandung United.

Beruntung, pengalamannya menimba ilmu bersama Garuda Select menjadi modal berharga Kakang saat berlatih bersama Persib, 

Sebab, selama berada di Eropa, Kakang menjadi salah satu pemain yang mencatatkan menit bermain terbanyak, yakni mencapai 766 menit.

Sayangnya, setelah sempat promosi pada musim 2020, Kakang gagal mencatatkan penampilannya karena kompetisi harus terhenti akibat pandemi Covid-19.

Dia pun akhirnya dipulangkan untuk bermain bersama DIklat Persib dan berlatih bersama tim Persib U-18.

Yang terakhir, Kakang sukses membawa Persib Bandung U-18 meraih posisi runner-up di ajang Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 2021.

Setelah selesai pada akhir bulan Desember lalu, ia kembali memperkuat tim asuhan Robert Rene Alberts untuk menghadapi Liga 1 2021-2022.

Di level tim nasional, Kakang sempat mendapat panggilan untuk berlatih secara intensif di Spanyol bersama timnas Indonesia U-19.

Saat itu, timnas Indonesia U-19 tengah disiapkan pelatih Shin Tae-yong untuk menghadapi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 pada 2021.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More