Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memunculkan beberapa pemain yang melakukan debut dengan usia termuda saat mengalahkan Timor Leste 4-1, Kamis (27/01/22). Di antara yg mencuri perhatian adalah Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Timnas Indonesia berhasil menggasak Timor Leste di laga FIFA Matchday dengan skor 4-1 di Stadion I Wayan Dipta, Bali.

Kemenangan Timnas Indonesia dipastikan lewat empat gol yang dicetak di babak kedua, setelah sebelumnya sempat tertinggal terlebih dahulu dengan skor 0-1 dari Timor Leste di babak pertama.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persib Bandung vs Tira Persikabo, Kick Off 20.45 WIB

Empat gol Timnas Indonesia di babak kedua masing-masing dicetak oleh satu gol Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan. Sedangkan dua gol lainnya didapatkan dari hasil gol bunuh diri lawan.

Kemenangan ini terasa manis karena menambah poin Timnas Indonesia di ranking FIFA. Selain itu, kemenangan ini juga menghadirkan sejarah tersendiri bagi tim Merah Putih.

Sejarah itu tercipta saat Ronaldo Kwateh masuk di babak kedua. Masuknya pemain berusia 17 tahun itu lantas menjadikannya debutan termuda sepanjang sejarah Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Lakoni Laga Persahabatan, FK Senica Pasang Egy dan Witan Jadi Starter

Tak cukup sampai di situ, Shin Tae-yong juga memasukkan pemain berusia 17 tahun lainnya di laga ini saat Marselino Ferdinand masuk menggantikan Evan Dimas.

Masuknya Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan tak ayal menciptakan sejarah karena keduanya menjadi debutan termuda sepanjang sejarah Timnas Indonesia.

Lantas, siapa pemain lainnya yang memegang status debutan termuda di Timnas Indonesia? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Gabung Juventus, Dusan Vlahovic Warisi Nomor Punggung Ronaldo

1. Ronaldo Kwateh

Beredar video Ronaldo Kwateh berlatih keras dan dibimbing langsung oleh ayahnya membuat publik tercengang (akun instagram @ronaldokwateh7).

Ronaldo Kwateh menjadi debutan termuda sepanjang sejarah Timnas Indonesia di laga resmi internasional ketika menang 4-1 atas Timor Leste.

Anak dari Roberto Kwateh itu melakukan debut bersama Timnas Indonesia di usia yang baru 17 tahun 3 bulan 8 hari. Usia itu menjadi yang termuda dibandingkan para pemain sebelumnya.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persebaya vs PSS Sleman, Kick Off 18.15 WIB

2. Marselino Ferdinan

Aksi pemain Timnas Indonesia U-23 Marselino Ferdinan saat behadapan dengan Australia di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 (dok. PSSI).

Pemain debutan termuda kedua di Timnas Indonesia adalah Marselino Ferdinan. Pemain yang masuk dalam daftar 60 pemain muda menjanjikan di dunia versi The Guardian itu melakukan debutnya bersamaan dengan Ronaldo Kwateh.

Saat tampil untuk Timnas Indonesia kala menang 4-1 atas Timor Leste, Marselino Ferdinan tampil di usia yang baru 17 tahun 4 bulan 8 hari.

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam Bahar (kedua dari kiri) mencoba melewati pemain Singapura Faris Ramli (kedua dari kanan) dan Zulfahmi Arifin (kanan) pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura pada 22 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Pemain debutan termuda ketiga di Timnas Indonesia dipegang oleh Asnawi Mangkualam yang tampil untuk tim senior di usia yang baru 17 tahun 141 hari.

Pemain yang kini membela Ansan Greeners itu melakukan debutnya bersama Timnas senior Indonesia saat berhadapan dengan Myanmar pada 2017 di laga debut pelatih Spanyol, Luis Milla.

4. Egy Maulana Vikri

Pemain timnas Indonesia Egy Maulana Vikri di tengah kepungan para pemain timnas Uni Emirat Arab (UEA) dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, dengan hasil akhir 5-0 untuk UEA, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. [Karim SAHIB / AFP]

Wonderkid Indonesia yang masuk dalam daftar debutan termuda skuat Garuda lainnya adalah Egy Maulana Vikri yang debut pada usia 17 tahun 190 hari

Winger milik FK Senica ini melakukan debutnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Islandia pada tahun 2018. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-84.

5. Boaz Solossa

Striker Borneo FC, Boaz Solossa. (Dok. Borneo FC)

Jauh sebelum generasi Egy, Asnawi, Marselino dan Ronaldo Kwateh, status debutan termuda Timnas Indonesia dipegang dalam waktu yang sangat lama oleh bomber legendaris, Boaz Solossa.

Boaz Solossa melakukan debutnya di usia 18 tahun 14 hari saat Timnas Indonesia arahan Peter White berhadapan dengan Turkmenistan pada 2004 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2006.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More