Husna Rahmayunita
Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat rapat evaluasi (dok. Mochamad Iriawan).

Bolatimes.com - Media sosial masih diramaikan dengan tagar #HarunaOut menyusul pernyataan kontroversial Exco PSSI, Haruna Soemitro terhadap Shin Tae-yong.

Pencinta sepak bola Tanah Air kian masif memberikan dukungan kepada Shin Tae-yong yang dinilai telah diremehkan oleh Haruna Soemitro.

Suporter tak terima dengan pernyataan Haruna Soemitro mengenai Shin Tae-yong dan dunia sepak bola Tanah Air yang disampaikannya dalam kanal YouTube JPNN.com.

Baca Juga:
Selain Haruna Soemitro, Ini 3 Sosok yang Pernah Kritik Shin Tae-yong

Ada beberapa pernyataan dari anggota Exco PSSI tersebut yang dinilai kontroversial. Salah satunya, ia menyebut Shin Tae-yong tak memberikan manfaat bagi klub Liga 1.

Lalu, ia juga mengatakan Shin Tae-yong sama halnya dengan pelatih lain usai Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2020. Menurut Haruna, hasil lebih penting daripada proses.

"Apa pun di sepak bola, tanpa prestasi itu nothing. Jadi, mau PSSI mau di klub yang paling pertama orang lihat adalah prestasi. Proses tidak dilihat,"

Baca Juga:
'Diam Tak Berguna, Bergerak Cari Perkara', Spanduk Kritik Haruna Soemitro

"Meskipun proses bagus. Tadi kita diskusi dengan Shin Tae-yong. Mengapa proses kita seperti ini. kenapa kita sampai kalah 0-4 dari Thailand padahal kita tidak pernah kalah sebesar itu.

Pemain Madura United dan manager Haruna Soemitro (kiri) menyapa suporter usai menang atas Persela dalam pertandingan babak delapan besar Piala Presiden 2019 melawan Persela di Stadion Surajaya Lamongan, Jawa Timur, Minggu (31/3/2019).Madura United memenangi pertandingan dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/pras.

"Di Sea Games terbaru saja kita bisa menang 2-0. Kenapa kemarin kita kalah? Dia (Shin) bilang Anda tidak tahu prosesnya. Ya memang begitu sepak bola. Orang tidak mau melihat proses, yang mau dilihat hasil," kata Haruna Soemitro.

Buntut ucapannya, Haruna Soemitro menuai reaksi sinis dari netizen. Muncul desakan Haruna mundur dari jabatannya lewat tagar #HarunaOut.

Baca Juga:
Istri Lionel Messi Gila Belanja, Anak-anaknya Susah Belajar Bahasa Prancis

Hasil pantauan Bolatimes.com, #HarunaOut bergema sejak kemarin Senin (17/1). Sejumlah netizen masih mencuitkannya pada Selasa (18/1) siang.

Netizen memberikan dukungan kepada Shin Tae-yong lewat beragam cuitan, meme, foto hingga video.

"We believe in Shin Tae-yong #HarunaOut #SaveSTY #revolusiPSSI," kata @andry***.

Baca Juga:
Ngeri! WWE Hall of Fame Sunny Coba Membunuh Sang Kekasih dengan Gunting

"Kami bersama Shin Tae-yong #HarunaOut #SaveSTY," tulis @chec***.

"Kawal Coach Shin tetap bertahan #HarunaOut," sambung @theda***.

Respons Haruna Soemitro

Haruna Soemitro akhirnya buka suara berkait kritikan ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong hingga menimbulkan polemik di media sosial.

"Jujur saya bingung salahnya di mana. Saya mengevaluasi STY (Shin Tae-yong) itu karena fungsi sebagai Exco PSSI. Ingat lho, STY itu dipilih Exco saat di Malaysia. Bukan netizen," ungkapnya kepada SuaraSurakarta.id, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, dipilihnya Shin Tae-yong karena segudang prestasi, termasuk bersama pasukan Negeri Gingseng. Oleh karena itu, Shin diharapkan mampu membawa angin segar,

"Dengan segudang prestasi itu, diharapkan STY bisa membawa sepak bola Indonesia dan Timnas Indonesia berprestasi," tegasnya.

"Makanya, kritikan itu ada harapan mudah-mudahan tahun ini milik STY (juara AFF U-22 dan Piala AFF 2022)," tambah dia.

Load More