Rauhanda Riyantama
Penggawa PSM Makassar, Yakob Sayuri (kanan) tampil pada laga Piala AFC 2020 kontra Shan United di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020) sore. [Twitter resmi PSM]

Bolatimes.com - Dua klub papan atas Liga 1, Bali United dan PSM Makassar resmi menjadi wakil Indonesia pada ajang Piala AFC 2022 mendatang.

Kepastian ini diketahui usai kedua tim mendapat surat dari PSSI pada Senin (27/12/21) yang menunjuk Bali United dan PSM Makassar sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2022.

Ditunjuknya Bali United dan PSM Makassar sendiri tak lepas dari status keduanya. Laskar Serdadu Tridatu berstatus juara Liga 1 2019 dan Juku Eja berstatus kampiun Piala Indonesia 2019.

Baca Juga:
Pastikan Bertahan di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Jangan Khawatir

Selain karena status tersebut, ada pertimbangan lain mengapa induk sepak bola Indonesia tersebut memilih keduanya sebagai wakil di Piala AFC 2022.

Pertimbangan pertama adalah karena terhentinya kompetisi Liga 1 2021 akibat pandemi. Hal tersebut lantas membuat kompetisi tak memiliki juara.

Sedangkan pertimbangan kedua adalah masih berjalannya kompetisi musim 2021-2022 yang saat saat ini baru berjalan setengah musim serta mempertimbangka hasil Club Licensing Cycle 2021.

Baca Juga:
5 Alasan Indonesia Bisa Balik Menang dan Juara Piala AFF 2020

Penunjukkan kedua tim ini oleh PSSI juga mendapat restu dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) selaku penyelenggara ajang tersebut.

Penunjukkan PSSI ini disambut baik oleh Bali United dan PSM Makassar. Melalui laman resminya, kedua tim menyambut kesertaan mereka di kompetisi kasta kedua se Asia itu.

Gelandang Bali United, Sidik Saimima, saat menjebol gawang Tampines Rovers. (Dok. Bali United).

Tanggapan Bali United dan PSM Makassar

Baca Juga:
Pria Banting TV usai Timnas Indonesia Dibungkam Thailand, Aksinya Viral

Bali United melalui laman resminya menyambut kesertaan mereka di Piala AFC 2022. Ini merupakan kali ketiga Laskar Serdadu Tridatu akan berkancah di kompetisi ini.

Pertama kali Bali United tampil di Piala AFC yakni pada 2018. Kemudian, Ilija Spasojevic dkk juga ambil bagian di Piala AFC 2020.

Hanya saja akibat pandemi corona, Piala AFC 2020 ditunda ke tahun 2021. Namun ada akhirnya, langkah Bali United terhenti karena AFC memutuskan seluruh pertandingan tim Asia Tenggara di grup G, H, dan I dibatalkan.

Baca Juga:
Viral Video Gading Marten Jalan Bareng Gisella Anastasia, Netizen Riuh

Sedangkan PSM Makassar menyambut kabar ini dengan tangan terbuka sembari mengenang perjalanannya di Piala AFC 2020.

Pada Piala AFC 2020, PSM mengawali perjalanannya di ajang ini melalui babak Play-Off dengan melawan wakil Timor Leste, Lalenok United.

Usai melewati Play-Off, tim berjuluk Pasukan Ramang ini lolos ke fase grup dan tergabung di grup H zona ASEAN sera sempat bermain di tiga pertandingan sebelum kompetisi akhirnya dihentikan akibat pandemi.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More