Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong menyerukan suporter Timnas Indonesia untuk terus memberikan dukungan jelang leg pertama final Piala AFF 2020.

Pada Rabu (29/12/2021) malam WIB, akan menjadi pertemuan pertama Timnas Indonesia menghadapi Thailand di partai final Piala AFF 2020.

Pertandingan tersebut menjadi momen penting. Para suporter pun diajak oleh pelatih Timnas Indonesia untuk tetap semangat mendukung.

Baca Juga:
Ada Torres, Ini 3 Rekrutan Terburuk Liga Inggris di Bursa Transfer Januari

Duel timnas Indonesia vs Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 akan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, pukul 19.30 WIB.

Sejak babak penyisihan grup, ajang Piala AFF 2020 memperbolehkan penonton untuk hadir langsung di stadion. Setiap timnas Indonesia bermain, para fans Merah Putih juga tak ketinggalan memberi dukungan langsung.

Namun, Shin Tae-yong menganggap dukungan dari suporter Indonesia harus lebih ditingkatkan pada laga final. Fans harus "memerahkan" stadion guna memompa semangat penggawa Skuad Garuda.

Baca Juga:
Resmi Gabung Barcelona, Ferran Torres Semringah

Suporter memberikan dukungan kepada timnas Indonesia yang melawan timnas Timor Leste dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

"Saya ingin suporter terus mendukung, bahkan dengan semangat yang lebih. Saya merasa pemain pasti merasakan energi tanbahan dengan dukungan para suporter di sini," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 usai menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3. Skuad Garuda menantang Thailand, yang lolos usai mendepak Vietnam dengan agregat 2-0.

Laga final Piala AFF 2020 dimainkan dalam dua leg. Selain pada 29 Desember 2021, pertemuan Kedua berlangsung pada tanggal 1 Januari 2022.

Baca Juga:
Poster Ketum PSSI Banjir Hujatan, Netizen: Gak Bisa Lebih Gede Foto Bapak?

Shin Tae-yong mengakui Thailand sangat kuat. Bahkan, mereka berada di atas level Timnas Indonesia.

"Kita tahu Thailand dan Vietnam menjadi tim terkuat Asia Tenggara saat ini. Thailand di atas kita sebenernya, tetapi pasti ada cara bagaimana mengalahkannya," pungkasnya.

Seperti diketahui, Thailand adalah pengoleksi terbanyak gelar Piala AFF dengan lima trofi. Tiga dari lima piala yang didapat Thailand diperoleh saat melawan Indonesia di final pada 2000, 2002, dan 2016.

Baca Juga:
Kejutan, Tatsuma Yoshida Resmi Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Singapura

Sementara Timnas Indonesia belum sekalipun menjadi juara. Skuad Garuda hanya runner-up sebanyak 5 kali.

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand diprediksi bakal menjadi tontonan menarik.

Load More