Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia memberikan salam usai pertandingan melawan Thailand dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 4-2. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan bakal menghadapi Thailand di partai final Piala AFF 2020. Duel kedua tim bakal berlangsung 2 leg.

Indonesia lolos ke final setelah menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3, sedangkan Thailand melenggang ke final usai menghempaskan Vietnam dengan agregat 2-0.

Untuk Indonesia, ini merupakan kali keenam berhasil lolos ke final Piala AFF. Namun, pada lima edisi sebelumnya tak pernah sekalipun mampu membawa pulang trofi juara.

Baca Juga:
Disorot Remehkan Timnas Indonesia, Presenter Ardes Goenawan Klarifikasi

Menariknya, 3 dari 5 kali kesempatan Indonesia mentas di final Piala AFF itu dikalahkan oleh Thailand. Lantas, bagaimana rekor pertemuan Indonesia atas Thailand di final Piala AFF?

1. Final Piala AFF 2000

Di final Piala AFF 2000, Indonesia ditumbangkan oleh Thailand dengan skor 1-4. Saat itu pertandingan berlangsung di Stadion Rajamangala, Thailand.

Baca Juga:
Anthony Martial Ngebet Tinggalkan Manchester United, Ralf Rangnick Kalem

Worrawoot Srimaka menjadi bintang kemenangan Thailand dengan mencetak 3 gol dan satu gol lainnya dicetak Tanongsak Prajakkata. Sementara itu, satu-satunya gol balasan Timnas Indonesia dicetak oleh Uston Nawawi.

2. Final Piala AFF 2002

Dua tahun berselang setelah kekalahan di final, Indonesia dan Thailand kembali bertemu di partai puncak Piala AFF 2002.

Baca Juga:
5 Sosok Penting di Balik Kesuksesan Shin Tae-yong Jadi Pelatih Indonesia

Kali ini Indonesia sebetulnya mampu memberi perlawanan sengit dengan berhasil membuat skor sama kuat 2-2 hingga babak tambahan waktu.

Lantaran skor tak berubah, pemenang ditentukan lewat adu tendangan penalti. Namun, Timnas Indonesia kembali harus mengakui keunggulan Thailand usai kalah 2-4.

3. Final Piala AFF 2016

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF, Siapa Unggul?

Thailand lagi-lagi menjadi mimpi buruk Indonesia untuk meraih trofi Piala AFF pertamanya. Kedua negara kembali bertemu di final pada edisi 2016.

Harapan sempat mencuat setelah Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 pada pertemuan pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat.

Akan tetapi, Timnas Indonesia kembali gagal membawa pulang gelar juara usai dikalahkan Thailand 2-0 pada leg kedua. Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia kalah agregat 2-3 dari Thailand.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More