Irwan Febri Rialdi
Singapore National Stadium. (SPORTSHUB PTE LTD / AFP)

Bolatimes.com - National Stadium Singapura bakal menjadi saksi bisu pertarungan Timnas Indonesia dan tuan rumah Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

Duel kedua negara dijadwalkan berlangsung dalam 2 leg. Untuk pertemuan pertama bakal terjadi pada Rabu (22/12/2021) pukul 19:30 malam WIB.

Sementara leg kedua akan berlangsung pada Sabtu (25/12) pukul 19:30 malam WIB. Semua pertemuan ini bakal terjadi di National Stadium Singapura.

Selain duel Indonesia vs Singapura, National Stadium Singapura juga bakal menjadi venue dari partai semifinal lain yang mempertemukan Thailand dan Vietnam.

Dari segi fasilitas dan kemewahan, National Stadium Singapura memang lebih menonjol dibanding venue lain di Piala AFF 2020, Bishan Stadium. Mari mengenal lebih jauh soal Singapore National Stadium atau Stadion Nasional Singapura ini.

Profil National Stadium Singapura

Singapore National Stadium atau National Stadium Singapura merupakan stadion baru karena baru berdiri pada 2014. Stadion ini berdiri di dalam kompleks Singapore Sports Hub di daerah Kallang.

Dengan kapasitas 55 ribu penonton, Singapore National Stadium menjadi stadion terbesar di Singapura. Bisa dikatakan, stadion ini menjadi pusat olahraga negeri Singa.

Stadion tak cuma digunakan sebagai venue gelaran sepak bola saja, melainkan juga untuk olahraga lain macam atletik, rugby, dan kriket.

Stadion paling besar di Singapura ini terbilang memiliki fasilitas yang canggih. Pasalnya atas stadion ini menggunakan material EFTE yang mampu menahan sinar panas matahari untuk tetap membuat penonton nyaman.

Atap yang digunakan pun bisa dibuka dan ditutup yang membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja. Teknologi ini tentu menjadi sebuah kemajuan untuk stadion di Asia Tenggara.

Tak pelak dengan berbagai fasilitas canggih yang dimiliki National Stadium Singapura membuat venue ini kerap dipilih oleh klub-klub Eropa saat melakukan tur pra-musim.

Tentu paling prestisius adalah ajang International Championship Cup atau ICC yang melibatkan tim-tim top Eropa. Setidaknya sudah tiga edisi National Stadium Singapura menjadi venue dari ajang tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More