Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 4-1 pada laga Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [Twitter resmi Piala AFF]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, salut dengan mentalitas anak-anak asuhannya. Sempat tertinggal, skuat Garuda membantai Malaysia 4-1 dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Malaysia mencetak gol lebih dahulu melalui Kogileswaran Raj pada menit ke-13. Lalu, Irfan Jaya membuat skuad Garuda berbalik unggul 2-1 lewat dua gol yang dicetaknya pada menit ke-36 dan 43'.

Sementara dua gol lainnya diciptakan oleh Pratama Arhan (50') dan Elkan Baggott (82').

Baca Juga:
Bikin Trenyuh, Alasan Shin Tae-yong Selalu Berdiri ketika Timnas Bertanding

Menurut Shin Tae-yong, apa yang diperlihatkan anak-anak asuhannya dalam laga tadi sangat memuaskan.

"Sebelum pertandingan ini kami memang menggelar meeting. Jadi, saya tugaskan kepada para pemain meski kemasukan gol, jangan nafsu dan kita tetap harus lakukan permainan yang diinginkan," ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Kami melakukan hal tersebut. Kami menunjukkan kekuatan mentalitas kami. Saya puas," lanjut pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkap Alasan Gemar Ganti-ganti Formasi di Piala AFF 2020

"Saya juga memberikan semangat kepada para pemain agar lebih percaya diri. Yang penting mental jangan sampai kalah, dan bisa dibilang duel bola juga. Kalau saya lihat, pemain muda di Timnas Indonesia semakin lama semakin berkembang dan saya senang," ucapnya.

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF sebagai juara Grup B. Indonesia ditemani Vietnam yang juga lolos sebagai runner-up Grup B setelah mengalahkan Kamboja malam ini.

Evan Dimas dan kawan-kawan bakal berhadapan dengan Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020. Adapun Vietnam harus bertemu juara Grup A Thailand.

Baca Juga:
Dibantai 4-1, Pelatih Timnas Malaysia: Pemain Indonesia Cepat-cepat

Menanggapi hal tersebut, Shin Tae-yong mengaku sudah memikirkannya. Ia sudah memprediksi Vietnam bakal menang mudah melawan Kamboja.

"Memang sudah menduga Vietnam pasti bisa menang lawan Kamboja dengan mudah. Memang harus perhatikan poin di grup juga, kalau sama akan dilihat selisih gol," tutur Shin Tae-yong.

"Untungnya para pemain kami bekerja keras dan banyak cetak gol. Saya ucapkan selamat kepada para pemain dan berterima kasih," pungkas pelatih 52 tahun tersebut.

Baca Juga:
Juara Grup B, Indonesia Bersua Singapura di Semifinal Piala AFF 2020

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Load More