Irwan Febri Rialdi
Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2016. (Hoang Dinh Nam/AFP)

Bolatimes.com - Sebelum muncul sebagai salah satu tim terkuat di Asia Tenggara, timnas Vietnam pernah menjadi bulan-bulanan timnas Indonesia, utamanya saat keduanya berjumpa pada ajang Piala AFF.

Saat ini, timnas Indonesia justru kesulitan tiap kali berjumpa Vietnam di sejumlah ajang, baik itu kelompok usia maupun senior.

Yang paling anyar, timnas Indonesia sempat dihajar empat gol tanpa balas oleh Vietnam. Momen itu terjadi tepatnya pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga:
Respons Pelatih Laos usai Anak Asuhnya Dituding Terlibat Pengaturan Skor

Padahal, timnas Indonesia pernah beberapa kali menjegal Vietnam. Setidaknya, ada dua momen penting yang mengingatkan publik mengenai hal ini.

Dua momen tersebut semuanya terjadi pada ajang antarnegara Asia Tenggara, yakni Piala AFF edisi 2004 dan 2016.

Berikut Bolatimes.com menyajikan dua momen ikonik saat timnas Indonesia menjadikan Vietnam lumbung golnya di ajang Piala AFF.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Vietnam, Waktunya Balas Dendam!

1. Piala AFF 2004

Stadion My Dinh, markas yang digunakan timnas Vietnam di ajang internasional, pernah menjadi saksi bisu betapa perkasanya timnas Indonesia di Asia Tenggara.

Salah satu momen tersebut tepatnya terjadi pada ajang Piala AFF 2004, yang saat itu masih bernama Piala Tiger.

Baca Juga:
PSMS Medan Pede Arungi Babak 8 Besar Liga 2, Bertekad Lolos ke Final

Oada edisi tersebut, timnas Indonesia pernah menghajar Vietnam tiga gol tanpa balas lewat gol Mauli Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma.

Kemenangan itu sukses mengantarkan timnas Indonesia ke semifinal. Sayangnya, pada partai final, mereka kalah dari Singapura.

2. Piala AFF 2016

Baca Juga:
5 Hal yang Harus Dilakukan Timnas Indonesia untuk Kalahkan Vietnam

Momen terakhir kejayaan timnas Indonesia atas Vietnam terjadi pada gelaran Piala AFF 2016. Saat itu, kedua tim berjumpa di semifinal.

Timnas Indonesia saat itu sukses meraih kemenangan 2-1 pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Dua gol skuad Garuda saat itu dicetak oleh Hansamu Yama (7’) dan Boaz Solosa melalui sepakan penalti (56’). Adapun satu-satunya gol Vietnam dicatat oleh Nguyen Van Quyet dari titik putih pada menit ke-17.

Kemudian, skuad Merah Putih yang saat itu berada di bawah arahan Alfred Riedl sukses menahan imbang Vietnam pada laga leg kedua.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanio, skor berakhir sama kuat dengan kedudukan 2-2.

Dua gol timnas Indonesia saat itu dicetak oleh Stefano Lilipaly (54’) dan Manahati Lestusan (90+7’). Sementara itu, dua gol tim lawan dicatat oleh Vu Van Thanh (83’) dan Vu Mih Tuan (90+3’).

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More