Irwan Febri Rialdi
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan jumpa Laos di laga kedua babak grup Piala AFF. Tercatat, skuat Garuda punya rekor fantastis saat jumpa lawan mereka di ajang dua tahunan sepak bola se-Asia Tenggara ini.

Menyitat laman 11vs11, Timnas Indonesia  telah bertemu Laos sebanyak 9 kali. Dalam 8 pertemuan di kejuaraan itu, tim Merah Putih tak pernah kalah dengan rekor 8 kemenangan dan 1 hasil imbang atas Laos.

Hebatnya, 3 dari 8 kemenangan atas Laos itu didapatkan timnas Indonesia di ajang Piala AFF dengan skor cukup telak yakni dengan margin 4 gol atau lebih.

Baca Juga:
Dua Pemain Laos yang Remehkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Berikut Bolatimes membuat daftar kemenangan besar tersebut. Silakan disimak:

1. Indonesia vs Laos (2004)

Kemenangan besar Indonesia atas Laos di Piala AFF pertama kali terjadi pada edisi 2004. Saat itu nama kejuaran masih mengusung Piala Tiger.

Baca Juga:
Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Diprediksi Mudah Tumbangkan Laos

Indonesia berhadapan dengan Laos sendiri di partai perdana grup A. Kala itu, skuat Garuda mampu membekuk Laos dengan skor 6-0.

Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma ketika itu mencetak masing-masing dua gol yang disusul satu gol yang masing-masing dibuat oleh Elie Aiboy dan Kurniawan Dwi Yulianto.

2. Indonesia vs Laos (2010).

Baca Juga:
Kasihan Andriy Shevchenko, Genoa Kalah Di Laga Derbi della Lanterna

Kemenangan margin enam gol Indonesia atas Laos di Piala AFF 2004 kembali terulang di edisi 2010. Masih di edisi waktu yang sama kedua negara ini bertemu di babak grup.

Indonesia yang ketika itu dilatih oleh Alfred Riedl mampu menang telak atas Laos dengan skor 6-0 lewat sumbangsih dua gol Firman Utina dan satu gol M.Ridwan, Irfan Bachdim, Arif Suyono, serta Oktovianus Maniani.

3. Indonesia vs Laos (2014)

Kemenangan besar Indonesia atas Laos kembali berlanjut di Piala AFF 2014. Pada edisi ini, Garuda mampu mengalahkan Laos 5-1.

Adapun, gol-gol Indonesia lahir ewat dua gol Ramdani Lestaluhu dan satu gol Evan Dimas, Zulham Zamrun dan gol bunuh diri Ketsana Souksavanh. 

Kontributor: Kusuma Alan
Load More