Irwan Febri Rialdi
Timnas Kamboja dalam pertandingan melawan Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. FFC)

Bolatimes.com - Pertandingan antara timnas Kamboja melawan Malaysia pada laga pertama Grup B Piala AFF 2020 wajib menjadi pelajaran penting bagi timnas Indonesia.

Pasalnya, Kamboja akan menjadi lawan pertama timnas Indonesia pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Menurut jadwal, duel ini akan digelar di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Timnas Indonesia jelas harus mewaspadai susunan pemain dan formasi yang digunakan Kamboja pada pertandingan tersebut.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Ada Big Match AC Milan Vs Liverpool

Sebetulnya, laga antara Kamboja vs Malaysia cukup menjadi gambaran. Laga tersebut menampilkan gaya permainan, taktik, dan pendekatan yang digunakan pelatih Kamboja, Ryu Hirose.

Meskipun akhirnya tumbang dengan skor 1-3, tetapi timnas Kamboja memberikan perlawanan yang cukup sengit terhadap skuad Harimau Malaya.

Mereka beberapa kali menciptakan ancaman dari trio penyerang mereka di sektor lini depan, yakni Sieng Chanthea, Lim Pisoth, dan Chan Vathanaka.

Baca Juga:
Profil Safawi Rasid, Bintang Timnas Malaysia yang Bakatnya Ditemukan RD

Pemain yang disebut terakhir menjadi sosok paling berbahaya yang wajib diantisipasi oleh skuad Garuda. Sebab, pergerakannya cukup sering merepotkan barisan pertahanan lawan.

Di sekor penjaga gawang, timnas Kamboja sepertinya masih akan menggunakan Keo Soksela, untuk menjadi benteng terakhir.

Sementara itu, empat pemain yang diprediksi untuk mengisi barisan pertahanan ialah Ken Chan Sopheak, Soeuy Visal, Sambath Tes, dan Cheng Meng.

Baca Juga:
Jelang Lawan Kamboja, Satu Pemain Timnas Indonesia Dijewer Shin Tae-yong

Adapun tiga pemain yang diplot sebagai motor serangan dan menjaga keseimbangan di sektor lini tengah ialah Sos Souhana, Orn Chanpolin, Kouch Sokumpheak.

Di kubu seberang, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sepertinya masih akan menggunakan skema 4-2-3-1.

Skema ini sering digunakan pelatih asal Korea Selatan tersebut saat menjajal kekuatan skuad Merah Putih pada beberapa laga uji coba.

Baca Juga:
Ogah Hasil Imbang, Mauricio Pochettino Minta PSG Taklukkan Klub Belgia

Di bawah mistar gawang, ada nama Muhammad Riyandi yang berpeluang besar tampil sebagai kiper.

Empat bek yang akan menjaga benteng pertahanan ialah, Asnawi Mangkualam, Victor Igbonefo, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan.

Sebetulnya masih ada nama Elkan Baggott, tapi bek asal Inggris ini masih belum bergabung dengan pemain timnas Indonesia yang telah berada di Singapura.

Sementara itu, duet di sektor lini pertahanan akan diisi oleh Rachmat Irianto dan Evan Dimas Darmono. Kedua pemain ini sangat penting karena masing-masing memiliki peran yang spesifik.

Sementara itu, tiga pemain yang akan bertugas melakukan penetrasi serta memberikan suplai bola matang di sektor depan ialah Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman.

Ketiganya bakal mendapat tugas penting untuk memberikan tusukan sekaligus menyediakan servis umpan matang kepada Kushedya Hari Yudo di sektor ujung tombak.

Prediksi susunan pemain Timnas Kamboja saat menghadapi Indonesia:

Timnas Kamboja (4-3-3): Keo Soksela; Ken Chansopheak, Soeuy Visal, Sambath Tes, Cheng Meng; Sos Souhana, Orn Chanpolin, Kouch Sokumpheak; Chan Vathanaka, Sieng Chanthea, Lim Pisoth;

Pelatih: Ryu Hirose

Timnas Indonesia (4-2-3-1):Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Victor Igbonefo, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Evan Dimas; Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Kushedya Hari Yudo;

Pelatih: Shin Tae-yong

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More