Rabu, 06 Juli 2022
Rauhanda Riyantama : Senin, 01 November 2021 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan mentas di Piala AFF 2020 akhir tahun ini. Merujuk jadwal, event sepak bola yang mempertemukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini akan dilakukan pada 5 Desember hingga 1 Januari 2021.

Yang jadi soal, pelatih kepala Shin tae-yong, masih dipusingkan dengan sejumlah masalah. Satu yang pasti adalah tak adanya penyerang garang untuk mencetak gol di lini depan.

Baru-baru ini, duo Arema FC, Dedik Setiawan dan Kushedya Yudo jadi langganan pemanggilan. Nah, di sini, Bolatimes coba menyodorkan nama-nama striker yang bisa dibawa Shin di Piala AFF 2020

1. Muhammad Rafli

Pemain Timnas Indonesia U-23, Muhammad Rafli (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Feby Eka Putra (kiri) setelah membobol gawang Timnas Iran U-23 pada pertandingan persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/wsj)

Nama Rafli bisa saja menjadi opsi pemanggilan. Terlebih, dalam beberapa kesempatan, Shin sempat memanggil pemain Arema FC ini ke skuat Garuda.

Rafli bisa dibilang punya atribut komplet. Perawakan yang menyentuh 180 sentimeter membuatnya unggul duel bola udara.

Rafli juga bisa menjadi pemain sayap. Hingga pekan kesembilan, pemain didikan Arema ini sudah mengoleksi 2 gol dari 9 pertandingan bersama Singo Edan.

2. Ilija Spasojevic

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic (dok baliutd)

Nama kedua yang bisa dipanggil adalah Spasojevic. Pemain milik Bali United ini tengah on fire.

Selama menjalani 9 laga bersama Serdadu Tridatu, Spasojevic sudah mengemas 7 gol. Terkini, pemain naturalisasi ini ada di daftar pencetak gol terbanyak.

3. Ezra Walian

Penyerang Persib Bandung Ezra Walian (kanan). - Persib.co.id

Nama Ezra sempat menghilang dari Timnas Indonesia. Administrasi perpindahan federasi Belanda ke PSSI jadi sebab pemain Persib Bandung ini urung bisa berkontribusi untuk skuat Garuda.

Namun, masalah itu sudah rampung. Ezra sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Eks pemain Ajax ini bahkan menyatakan kesiapannya.

Hingga kini, Ezra memang baru mencetak 1 gol dari 8 laga yang sudah dimainkannya bersama Persib. Namun, pengalaman Ezra bisa saja dibutuhkan karena pernah satu tim dengan pemain MU, Donny van de Beek.

4. Osvaldo Haay

Penyerang Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Kendati masih berkutat dengan cedera, Osvaldo berpotensi untuk mentas bareng Timnas Indonesia. Berposisi sebagai penyerang sayap, pengalaman eks bintang muda Persipura Jayapura ini tak perlu diragukan lagi.

Osvaldo sudah membela panji Merah Putih sedari usia dini. Per 2017, dirinya yang belum genap berusia 20 tahun sudah masuk Timnas U-23 di ajang SEA Games 2017, kemudian Asian Games 2018, dan Piala AFF U-22 2019.

5. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri saat membela Timnas Indonesia. (Instagram/fk_senica)

Sulit untuk tak menyertakan nama Egy di lini depan Timnas Indonesia. Terlebih, pengalaman di skuat Merah Putih juga sudah melimpah kendati di kelompok umur.

Egy yang punya faktor bermain di Eropa bisa saja jadi opsi Shin. Kendati Piala AFF bukan agenda resmi FIFA dan klubnya enggan melepas, Egy bisa saja bermain.

Kontributor: Kusuma Alan

BACA SELANJUTNYA

Bukan Shin Tae-yong, Pelatih Thailand Ungkap Tantangan Terbesar Lawan Timnas Indonesia U-19