Irwan Febri Rialdi
Logo Liga 1 2020.

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, resmi menghentikan sementara Liga 1 dan Liga 2 2020. Keputusan ini diambil sebagai antisipasi terhadap virus corona yang telah melanda di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Keputusan penghentian sementara kompetisi ini dikeluarkan setelah PSSI bersama jajaran Komite Eksekutif (Exco) berkomunikasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Stadion Batakan, Balikapapan, bertepatan dengan acara opening ceremony Liga 2 2020, Sabtu (14/3/2020).

"Kami dari jauh-jauh hari sudah berdiskusi dengan Pak Menteri (Zainudin Amali) berkaitan dengan masalah corona. Eskalasi dinamika di lapangan makin meningkat, makanya tadi kami minta para Exco untuk berkumpul di ruangan ini, tentunya meminta pandangan dari Pak Menpora. Dari hasil kita diskusi, disepakati memang kalau Liga 1 Senin ini harus sudah berhenti dan kebetulan memang ada libur kompetisi, yang kita diskusikan sekarang adalah Liga 2," kata Iriawan.

Baca Juga:
Bhayangkara FC Vs Persija Imbang, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2020

Memang, kebetulan Liga 1 2020 setelah pekan ketiga ini sudah dijadwalkan ada libur selama dua pekan. Tadinya, libur ini dikhususkan untuk agenda timnas Indonesia di FIFA matchday.

"Kesimpulan yang ada, meskipun secara formal nanti kita panggil para manajer klub hari Senin, karena undangannya demikian. Tapi PT LIB (Liga Indonesia Baru) sudah menyampaikan via Whatsapp grup kepada peserta Liga 2, dan hampir semuanya menyetujui bahwa Liga 2 pun besok terakhir," tambahnya.

"Karena masih ada 10 pertandingan yang akan dilakukan baik (di) Liga 1 maupun Liga 2. Kita putuskan Senin sudah hampir semuanya tidak ada pertandingan, baik Liga 1 maupun Liga 2," sambung Iriawan.

Baca Juga:
Ikut Main Futsal di Penjara, Ronaldinho Cetak Lima Gol dan Enam Assist

"Jadi itu keputusan kami dengan para Exco, yang menghasilkan (bahwa) Liga 1 dan Liga 2 mulai besok terakhir, dan hari Senin sudah tidak ada pertandingan di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Dengan demikian, hari ini, Minggu (15/3/2020), merupakan hari terakhir pertandingan Liga 1 dan Liga 2 2020 digelar. Kompetisi akan kembali digelar pada April mendatang.

Penulis: Adie Prasetyo

Baca Juga:
PT LIB akan Ubah Jadwal Liga 1 2020 usai Agenda Timnas Indonesia Batal

Load More