Rauhanda Riyantama
Pemain PSM Makassar, Zulham Zamrun (kiri) berusaha melewati pemain Bhayangkara FC, Bagas Adi Nugroho (kanan) pada pertandingan leg kedua perempatrinal Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (3/5/2019). PSM Makassar menang atas Bhayangkara FC dengan skor 2-0. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Bolatimes.com - PSSI akhirnya bakal melakukan investigasi terkait pertandingan antara PSM Makassar vs Bhayangkara FC pada leg kedua perempat final Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (3/5/2019). Jika terbukti ada kecurangan dalam laga itu, PSSI akan mengambil tindakan tegas.

Sebagaimana diketahui, pertandingan yang dimenangi oleh PSM dengan skor 2-0 itu diwarnai kontroversi. Wasit Nusur Fadilah yang memimpin jalannya pertandingan tidak mengesahkan gol Bhayangkara FC di menit 29.

Padahal, dalam tayangan rekaman pertandingan, bola yang dilesakkan oleh pemain Bhayangkara FC, Anderson Salles lewat tendangan bebas sudah melewati garis gawang. Namun, tidak di mata sang pengadil pertandingan.

Baca Juga:
Tanpa Mbappe, Tuchel Akui Laga Melawan Nice akan Berat

Anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto menegaskan akan mengumpulkan data dan laporan pertandingan itu.

PSSI juga sudah mengagendakan pemanggilan perangkat pertandingan di laga tersebut. Jika memang perangkat pertandingan menyalahi kuasa yang diberikan PSSI, maka mereka tidak akan lagi bertugas di Piala Indonesia.

Termasuk juga evaluasi tugas mereka untuk bisa memimpin Liga 1 2019. Bahkan, jika mereka terbukti melakukan kesalahan mendasar, tanpa ragu PSSI akan menugaskan mereka ke Liga 2.

Baca Juga:
Mauricio Pochettino: Kami Tak Akan Bermain Lambat

"Kami akan mengumpulkan laporan teknis dari penilai wasit (referee assessor PSSI) dan dari wasit serta asisten wasit itu sendiri. Kita akan analisa kondisi kesehatan dan kebugarannya, penerapan pasal-pasal permainan, pengambilan keputusan selama pertandingan dan cara mereka membaca pertandingan," kata Purwanto, seperti dilansir dari Suara.com.

Selain itu, PSSI juga akan mengirim rekaman pertandingan ke Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA), yang menjadi mitra PSSI dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perangkat pertandingan.

"Dalam pertandingan PSM Makassar vs Bhayangkara, secara khusus kita akan mendalami dugaan pelanggaran peraturan permainan pasal 10 dan pasal 12," tandasnya.

Baca Juga:
Ramai Digosipkan Mundur, Ini Komentar Menpora Imam Nahrawi

Load More