Galih Priatmojo
Pemain Timnas Indonesia U-19 Firza Andika melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Skuat garuda muda untuk sementara masih imbang menghadapi Thailand di partai final Piala AFF U-22. 

Thailand nyaris mengubah kedudukan di menit ke-18 jika saja bola tidak dihalau Firza Andika. Sementara Indonesia, memiliki lebih banyak peluang yang dua diantaranya di dapat Witan Sulaiman. Sayangnya, dua peluang tersebut kandas di tangan penjaga gawang Thailand, Korraphat Nareecha.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga:
Mohamed Salah Disebut Takkan Tinggalkan Liverpool, Ini Alasannya

Menghadapi Thailand di final Piala AFF U-22, timnas Indonesia langsung menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Lima menit bola bergulir di babak pertama, peluang emas didapat Garuda Muda.

Lolos dari kawalan, Witan melepaskan umpan silang ke depan gawang. Marinus yang dituju gagal menjangkau bola, namun masih ada Osvaldo yang bisa mendekat bebas. Sayang, peluang tersebut kandas, bola yang sudah berada di garis gawang berhasil diamankan Korraphat.

Di menit 18, tendangan penjuru yang didapat Thailand nyaris berbuah gol. Beruntung bola yang dilepaskan Jaroensak dari depan gawang berhasil dibendung oleh Firza dengan menggunakan dada.

Baca Juga:
Koreografi Duo Astronot Gagal Bawa Persija Kalahkan Becamex Binh Duong

Umpan-umpan para pemain Indonesia yang sering meleset membuat Thailand makin nyaman mengembangkan permainan. Berulang kali tekanan berhasil dilancarkan Thailand, khususnya dari sisi kanan lapangan.

Memasuki menit 28, kemelut terjadi di depan gawang Thailand. Perebutan bola terjadi dari kaki ke kaki hingga akhirnya bola liar jatuh ke kaki Gian Zola. Akan tetapi, pemain kelahiran Bandung itu gagal memanfaatkan momen setelah tembakannya melambung di atas gawang lawan.

Enam menit berselang, peluang kembali didapat Indonesia. Berawal dari pergerakan Asnawi yang merangsek ke jantung pertahanan Thailand, bola disodorkan ke Witan yang berada di sisi kiri gawang. Sayang sepakan Witan masih terlalu lemah dan bola dengan mudah diamankan Korraphat.

Baca Juga:
Terciduk Netizen Plagiat, Logo PT Liga Indonesia Baru Jadi Bahan Guyonan

Aksi Witan kembali membahayakan gawang lawan di menit 39. Namun lagi-lagi peluang tersebut kandas, Korraphat berhasil menangkap bola yang dilepaskan Witan dari luar kotak penalti ke sudut atas kanan gawang. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Susunan Pemain:
Timnas Indonesia U-22: Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Bagas Adi, Firza Andika; Gian Zola, Sani Fauzi, Luthfi Kamal; Witan Sulaeman, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay.

Timnas Thailand U-22: Korraphat Nareechan; Kritsada Nontharat, Chatchai Saengdao, Marko Ballini, Saingkan Promsupa, Kittipong Sansanit; Patcharapol Intanee, Tanpisit Khukhalamo, Sakunchai Saengthopho; Jaroensak Wonggorn, Jedadakorn Kowngam.

Baca Juga:
Lawan Thailand, Timnas Indonesia U-22 Bakal Kesulitan Cetak Gol

Load More