Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-19 Saddil Ramdani (kiri) menendang bola dibayangi pemain Timnas Taiwan Chung Yu Wang (tengah) dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Indra Sjafri mengonfirmasi bahwa Saddil Ramdani akan segera bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-22 pada 2 Februari 2019. Sementara Ezra Wallian dan Egy Maulana Vikri hingga kini masih tanda tanya. 

Seperti diketahui, Saddil menjadi satu dari tiga pemain yang masih belum bergabung dengan skuat. Meski namanya tercantum dalam peserta TC Timnas Indonesia U-22 sebagai persiapan jelang turun di Piala AFF U-22 2019 di Kamboja, pertengahan Februari nanti.

"Yang pasti Saddil akan bergabung tanggal 2 Februari," ucap Indra selepas memimpin sesi latihan hari pertama pekan keempat TC timnas U-22 Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Senin (28/1/2019), seperti dilansir dari Suara.com.

Baca Juga:
Tak Ada Real Madrid, Inilah 3 Tim Terbaik Versi Pep Guardiola

Selain Saddil, masih ada dua penggawa timnas U-22 lainnya yang saat ini masih berada di luar negeri bersama klubnya masing-masing, yakni Ezra Walian (RKC Waalwijik, Belanda) dan Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk, Polandia).

Indra mengaku masih belum mengetahui kapan maupun kepastian Ezra dan Egy akan bisa bergabung dengan skuat timnas U-22. "Sudah coba dihubungi oleh federasi, kami masih menunggu balasan dari klub masing-masing," ungkap Indra.

Lebih lanjut, Indra menegaskan ia tidak mempermasalahkan apakah keduanya bisa bergabung atau tidak. Mengingat Piala AFF U-22 memang bukan turnamen yang masuk kalender resmi FiFA, sehingga klub pemilik punya hak untuk menentukan bakal memberi izin bermain atau tidak.

Baca Juga:
Dapat Penolakan dari Fans Atletico Madrid, Morata Beri Respons Santai

"Untuk saya pribadi, bergabung atau tidak bukan masalah. Kita harus patuh sama statuta FIFA, mengingat turnamen ini bukan kalender FIFA. Klub punya hak untuk memberikan izin bermain ataupun tidak," ungkap eks pelatih Bali United itu.

Hingga saat ini, Saddil, Ezra dan Egy termasuk dalam 30 nama yang masih tercantum sebagai peserta TC timnas U-22, meski ketiganya belum bergabung dengan tim.

Ketiga rising star tersebut juga praktis lolos dari pencoretan yang telah mendera sedikitnya delapan pemain, dari sistem promosi-degradasi yang diterapkan Timnas Indonesia U-22 sejak TC bermula pada awal Januari 2019.

Baca Juga:
Neymar Disebut Pengaruhi Frenkie de Jong Untuk Gabung Barcelona

Sementara itu, Timnas Indonesia U-22 juga bakal dijadwalkan menggelar dua kali uji coba bersama tim lokal. Adalah Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya yang akan menjadi lawan.

"Kami agendakan uji coba dengan tim lokal tanggal 6 (Februari) dan 9 (Februari). Saat ini, kami sedang hubungi Sekjen (PSSI) lagi bicara dengan Bhayangkara dan Persebaya. Tapi, ini lagi lagi dibicarakan. Tapi secara personal saya bicara dengan coach Djajang (Nurdjaman) mereka setuju dan akan membantu kami untuk uji coba," pungkas Indra Sjafri.

 

Baca Juga:
Gonazalo Higuain Debut, Alonso: Dia Pemain Hebat

Suara.com/Rully Fauzi

Load More