Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas Indonesia Putu Gede Juni Antara (kedua kiri) meninggalkan lapangan setelah terkena kartu merah saat melawan timnas Singapura dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018). Indonesia kalah 0-1 dalam pertandingan perdana tersebut. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memetik hasil buruk ketika bersua Singapura pada laga perdana Piala AFF 2018. Menurut Budi Sudarsono, ada satu kekurangan yang menyebabkan kekalahan tersebut

Timnas Indonesia ditekuk 0-1 oleh Singapura di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018). Gol semata wayang tuan rumah dipersembahkan oleh kapten Hariss Harun. Hasil itu pun membuat skuat Garuda pulang dengan tertunduk lesu.

Kekalahan mengejutkan Indonesia atas Singapura tentu saja menyita perhatian berbagai pihak. Salah satunya adalah Budi Sudarsono yang menjadi top skor Piala AFF edisi 2008.

Baca Juga:
Ini Doa Ronaldo Usai Higuain Gagal Penalti dan Diusir Wasit

Menurut Budi Sudarsono, strategi yang diterapkan oleh Bima Sakti sudah bagus. Hanya saja, faktor sumbu pendek dari para pemain membuat skuat Garuda akhirnya dijinakkan oleh anak asuh Fandi Ahmad.

''Kalau menurut saya bagus-bagus saja. semua pelatih punya metode masing-masing. Dari pandangan saya mungkin penekanannya kita harus pure bermain bola saja, jangan emosi. Orang kalau emosi bermain bola tentu fikirannya sudah negatif saja,'' kata Budi Sudarsono ketika ditemui di Hotel UNY, Sabtu (10/11/2018).

Singapura vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 (dok AFF)

Namun, ada satu hal sebenarnya yang disesalkan Budi Sudarsono ketika Indonesia kalah dari Singapura, yakni strategi skuat Garuda kurang tampil menekan.

Baca Juga:
Real Madrid Beri Sinyal Permanenkan Santiago Solari

''Kemarin itu (lawan Singapura) kita kurang agresif. Sebenarnya ada, tapi caranya menekan ke depan itu..(berhenti), tapi itu merupakan strategi pelatih, itu tadi hanya versi saya,'' sambung mantan striker Persik Kediri tersebut.

Timnas Indonesia sudah lama tak kalah dari Singapura. Terakhir kali menelan kekalahan yakni terjadi pada November 2009 dalam laga persahabatan. Setelah itu, Indonesia selalu memetik kemenangan di ajang Piala AFF edisi 2002 dan 2016.

Pada pertandingan lanjutan Piala AFF 2018, Timnas Indonesia akan menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11/2018). Pertandingan ini menjadi kesempatan bagi Hansamu Yama dan kolega untuk bangkit dan membayar kegagalan di laga perdana.

Baca Juga:
Wojciech Szczesny Ungkap Rahasia Gagalkan Penalti Higuain

Load More