Stephanus Aranditio
Pelatih Indonesia U-16 Fakhri Husaini (kanan) memberikan selamat kepada tim Indonesia U-16 ketika berhasil mencetak gol ke gawang tim Filipina U-16 dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7). Indonesia menang atas Filipina dengan skor 8-0. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Bolatimes.com - Jelang laga hidup mati kontra timnas Malaysia U16 di semifinal Piala AFF U-16, persiapan dilakukan pelatih timnas Indonesia U16 Fakhri Husaini. Persiapan yang dilakukan Fakhri meliputi empat aspek yang dinilainya sangat menentukan di pertandingan nanti.

Empat aspek yang dimonitor Fakhri adalah fisik, teknik, taktik dan mental para pemain.

"Tadi pagi kami latihan terakhir di Jenggolo tentu persiapannya normal seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya. Kita ada empat aspek yang kami coba untuk monitor, untuk melihat sejauh mana kesiapan pemain, yaitu aspek fisik, teknik, taktik dan mental," ujar Fakhri Husaini di Surabaya, Rabu (8/8/2018).

Baca Juga:
Bedah Kekuatan Bomber Timnas Indonesia U-16 Bagus Kahfi

Lewat persiapan yang dilakukan, Fakhri mengklaim timnya, secara keseluruhan, siap menjamu Malaysia. Para penggawa Garuda Asia, julukan timnas U-16 Indonesia, pun sudah tidak sabar untuk menjajal kekuatan pasukan muda Harimau Malaya.

Suasana pertandingan penyisihan Grup A Piala AFF U-16 antara Timnas Indonesia vs Timor Leste di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018) malam, yang akhirnya dimenangkan Timnas U-16 dengan skor 3-0. [Suara.com/Dimas Angga P]

"Syukur alhamdulillah pada latihan tadi pagi semua pemain memperlihatkan sikap yang positif. Mereka sangat antusias pada laga hari Kamis (9/8/2018) melawan Malaysia, ini mereka memang menunggu-nunggu laga semifinal ini," kata Fakhri.

Dua hal diwaspadai Fakhri dalam pertandingan nanti. Yaitu rapihnya kerjasama antar lini dan postur tubuh para pemain Malaysia.

Baca Juga:
Raja Gol Liga Indonesia Sylvano Comvalius Pindah ke Klub Belanda

"Malaysia tim yang sudah terbina lama, juga bagus dari aspek postur tubuhnya juga cukup baik, hampir sama dengan pemain kita. Kemudian kerjasamanya juga cukup baik. Saya yakin mereka adalah salah satu tim yang baik, yang bagus sehingga mereka bisa lolos ke babak ini," ungkapnya.

Para pemain Timnas Indonesia U-16 melakukan selebrasi sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Vietnam U-16 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (2/8/2018). ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sementara untuk persiapan mental, terlebih melihat suporter Indonesia yang cukup antusias melihat laga ini, Fakhri mengatakan tidak pernah membebankan target kepada para pemainnya.

"Pemain U-16 itu sudah jelas bahwa U-16 target juara bukan tujuan utama buat anak-anak ini. Tapi tentu saja, ketika kami tampil sudah masuk ke semifinal, kami main di depan ribuan pendukung yang begitu fanatik dan kreatif, tentu kami juga tidak ingin mengecewakan mereka," kata Fakhri.

Baca Juga:
Dari Redaksi: Arkadia Digital Media Siap Kick Off di Bursa Saham

"Di laga-laga sebelumnya kami mencapai nilai sempurna, meraih nilai sempurna, itu tidak pernah ada target mereka harus menang. Mereka menikmati betul pertandingan itu, saya harapkan di pertandingan semifinal ini pemain semua harus menikmati laga ini tanpa ada beban apapun," pungkasnya. (Dimas Angga P)

 

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Baca Juga:
Kenalin Dhanielle Daphne, Gelandang Serang Timnas Putri Indonesia

Load More