Rifqu Khanif
Fakhri Husaini singgung pemain naturalisasi, netizen ingatkan kisahnya kabur dari TC Timnas Indonesia.(STEPHANUS ARANDITIO/BOLATIMES.COM)

Bolatimes.com - Mantan pemain Timnas Indonesia, Fakhri Husaini kembali membuat pernyataan yang dinilai kontroversia. Ia menyarankan masyarakat pecinta sepak bola tanah air, agar tidak terlalu memuja pemain naturalisasi.

Mendengar dari pernyataan yang terucap oleh Fakhri Husaini, netizen merasa kecewa hingga menyinggung soal sang mantan pemain Timnas Indonesia tersebut pernah kabur dari pemusatan latihan (TC) Tim Nasional.

Fakhri yang pernah menjadi pemain PKT Bontang, pernah mencatatkan kisah tak biasa saat dirinya mendapat panggilan TC Timnas SEA Games 1991, tapi kabur dan tak dibawa oleh pelatih.

Baca Juga:
Persib Sampaikan Dua Kabar Baik di Tengah Jeda Internasional

Hal itu disinggung langsung oleh netizen, melalui kolom komentar sosial media X @UpdateBolabolaa, (15/11).

"Ya seenggaknya pemain2 yg dibilang 'naturalisasi' ini ga kabur pas TC aja sih," tulis @id_fm.

Dikutip dari kanal YouTube Omah Balbalan, pada Rabu, (15/11), Fakhri secara langsung membangikan ceritanya ketika tidak hadir dalam TC yang dipimpin oleh Anatoli Polosin.

Baca Juga:
Prediksi Line Up Utama Timnas Indonesia vs Irak: 4 Pemain Naturalisasi Siap Tampil

Secara blak-blakan Fakhri mengaku kabur dari TC Timnas bersama rekan sekamarnya yakni Jaya Hartono. Ternyata Anatoli Polosin memiliki gaya latihan seperti Shin Tae-yong, porsi berat dan keras diberi kepada pemain Timnas kala itu. Karena hal tersebut Fakhri mengaku jadi meninggalkan TC Timnas.

Siapa sangka, SEA Games 1991 dengan porsi latihan keras membuat Timnas meraih medali emas. Dan kini Fakhri menyinggung soal naturalisasi yang tak perlu dipuji berlebihan, seperti dikutip dari Suara.com, (15/11).

"Tidak perlu berlebihan memberikan pujian kepada pemain-pemain naturalisasi. Sebab, tanpa disadari, pujian yang berlebihan ini bisa menyakiti pemain lokal," ucap Fakhri.

Baca Juga:
Ujian Mental! 65 Ribu Tiket Pertandingan Irak vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ludes

Pemain diaspora yang kini berstatus sebagai Warga Indonesia dengan proses naturalisasi, ada enam punggawa di Tim Senior, mereka yakni Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Jordi Amat, Marc Klok, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Dan beberapa waktu lalu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengenalkan tiga calon pemain naturalisasi baru untuk gabung dengan Shin Tae-yong. Dua pemain ini adalah Jay Idzes, Justin Hubner dan Nathan Tjoe A-On.

Load More