Irwan Febri Rialdi
Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwan. (Lillian Suwanrumpha/AFP)

Bolatimes.com - Desakan yang diberikan oleh Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwan, kepada Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung, bisa dianggap sebagai intervensi pemerintah.

Pasalnya, Prawit Wongsuwan yang saat ini menduduki jabatan di rumpun pemerintahan Thailand telah meminta Somyot Poompanmoung, agar mundur dari jabatannya sebagai Presiden FAT.

"Saya sudah katakan di SEA Games kali ini, jika tim putra gagal merebut medali emas, maka presiden federasi harus mundur. Belum lagi masalah finansial. Kami melakukan kesalahan sendiri," kata Prawit.

Baca Juga:
Girang Bukan Kepalang, Media Jepang Bersyukur Indonesia Ditunjuk jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

"Kami harus punya semangat. Kali ini nama baik negara menjadi sangat buruk. Tim tidak bisa mengontrol emosi, hal itu tidak boleh terjadi," imbuhnya.

Desakan itu diberikan Prawit karena dia juga berstatus sebagai Presiden Komite Olimpiade Thailand. Langkah inilah yang dikhawatirkan penggemar sepak bola Thailand sebagai bentuk intervensi pemerintah.

Pasalnya, jika pemerintah Thailand ikut campur tangan dalam urusan FAT, maka ada potensi sanksi yang bisa dijatuhkan oleh FIFA. Hal ini jelas membahayakan nasib sepak bola di Neger Gajah.

Baca Juga:
5 Calon Top Skor Liga 1 2023-2024, Ada Dua Striker yang Dicoret Shin Tae-yong

Profil Prawit Wongsuwan

Sebagai informasi, Prawit Wongsuwan merupakan seorang politisi Thailand yang saat ini menjabat sebagai First Deputy Prime Minister alias Wakil Perdana Menteri Thailand. Jabatan ini diperolehnya sejak Agustus 2014.

Sebelum menduduki jabatan itu, Prawit Wongsuwan sempat mendapat kepercayaan untuk menjadi Menteri Pertahanan Thailand pada 2008 hingga 2011. Sederet kedudukan ini tak terlepas dari latar belakangnya yang berasal dari militer.

Baca Juga:
Profil Elisangelo Jardim de Jesus, Ayah Welber Jardim yang Pernah Main di Liga Indonesia

Prawit juga pernah menduduki jabatan Wakil Ketua Dewan Nasional untuk Perdamaian dan Ketertiban (NCPO). Ini adalah lembaga bentukan junta militer Thailand yang memerintah pada 2014 hingga 2019.

Sebelum menduduki jabatan pemerintahan, Prawit merupakan seorang Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand alias Royal Thai Army (RTA). Dia memang berasal dari keluarga militer.

Sebab, ayahnya, yakni Mayor Jenderal Prasert Wongsuwan, merupakan petinggi militer. Dia memiliki empat adik laki-laki, yakni Sittiwat Wongsuwan, Patcharawat Wongsuwan, Pongphan Wongsowan, hingga Phanpong Wongsuwan.

Baca Juga:
Diintervensi Pemerintah sampai Ketum Federasi Mundur, Thailand akan Disanksi Banned FIFA?

Kabarnya, Prawit merupakan salah satu orang yang disebut-sebut menjadi otak penting di balik kudeta yang dilakukan junta militer Thailand pada 2014 yang melengserkan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra.

Karena kudeta inilah, junta militer Thailand mengambil alih kekuasaan negara karena mencopot seluruh pejabat pemerintahan yang terpilih secara demokratis. Sejak saat itu, Prawit menduduki sejumlah jabatan strategis di pemerintahan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More