Rauhanda Riyantama
Piala Dunia Antarklub 2025. (Instagram)

Bolatimes.com - FIFA telah resmi menunjuk Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub tahun 2025. Keputusan ini turut diikuti dengan sejumlah format baru yang akan diterapkan pada edisi tersebut.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjelaskan bahwa Amerika Serikat ditunjuk menjadi penyelenggara Piala Dunia Antarklub 2025 karena kondisi infrastruktur yang sudah dinyatakan siap.

Pasalnya, Amerika Serikat sudah memperlihatkan keseriusannya untuk mempersiapkan Piala Dunia 2026 yang akan digelar bersama dengan Meksiko dan Kanada.

Baca Juga:
Usai Lawan Timnas Indonesia, 3 Pemain Argentina Ini Pilih Liburan di Bali

"Piala Dunia Antarklub 2025 akan menjadi puncak dari kompetisi sepak bola klub pria profesional, dan dengan infrastruktur yang diperlukan bersama dengan minat lokal yang besar, Amerika Serikat adalah tuan rumah yang ideal untuk memulai turnamen global baru ini," kata Gianni dikutip dari laman resmi FIFA.

"Dengan beberapa klub top dunia yang sudah lolos, penggemar dari setiap benua akan membawa semangat dan energi mereka ke Amerika Serikat dalam waktu dua tahun untuk tonggak sejarah penting dalam misi kami untuk menjadikan sepak bola benar-benar mendunia," jelasnya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah fakta menarik dari penunjukan Amerika Serikat sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia Antarklub 2025.

Baca Juga:
Portugal Disebut Siap Uji Coba Lawan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Akui Tak Sabar dengan Laga Besar di Tahun Depan

1. Jumlah Kontestan Bertambah

Penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub 2025 untuk pertama kalinya akan menambah jumlah pesertanya. Awalnya, kejuaraan ini hanya melibatkan tim-tim pemenang dari masing-masing konfederasi.

Namun, mulai dari edisi 2025, Piala Dunia Antarklub akan melibatkan persaingan 32 tim dari seluruh dunia yang akan mewakili konfederasinya masing-masing.

Baca Juga:
3 Pemain Asal Spanyol yang Debut di Liga 1 2023/24, Dua dari Persib Bandung

2. Format Baru

Pada Piala Dunia Antarklub 2025, bertambahnya jumlah peserta turut diiringi dengan perubahan format penyelenggaraan. 

Nantinya, 32 kontestan ini akan dibagi menjadi delapan grup. Dua tim yang sukses menduduki posisi teratas di masing-masing klasemen akan lolos ke fase gugur. Format ini meniru penyelenggaraan Piala Dunia yang sudah berlangsung pada 1998 hingga 2022.

Baca Juga:
Cristian Romero Pamer Foto Liburan di Bali usai Lawan Timnas Indonesia, Pemain Argentina Beri Respons Tak Terduga

3. Eropa Dapat Slot Terbanyak

Pembagian slot peserta pada Piala Dunia Antarklub 2025 ini juga tak begitu setara karena didasarkan pada seperangkat kriteria yang menjadi ukuran.

Klub-klub dari Eropa alias yang tergabung di Konfederasi UEFA, mendapatkan slot terbanyak, yakni 12 peserta. CONMEBOL mendapat enam slot, sedangkan AFC, CAF, dan CONCACAF masing-masing empat peserta.

4. Digelar Empat Tahun Sekali

Jika sebelumnya gelaran Piala Dunia Antarklub berlangsung setiap tahunnya dengan melibatkan tujuh peserta, maka mulai edisi 2023 ini kejuaraan tersebut sudah berhenti.

Artinya, mulai edisi Piala Dunia Antarklub 2025, kejuaraannya akan menggunakan format ini dan mulai berlangsung empat tahunan.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More