Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Jose Mourinho gagal bawa AS Roma juara Liga Europa setelah dikalahkan Sevilla. (AFP)

Bolatimes.com - Jose Mourinho akhirnya mengalami kekalahan perdana di final kompetisi Eropa. Hasil ini didapat setelah gagal membawa AS Roma gagal juara Liga Europa akibat dikalahkan Sevilla.

Duel Sevilla vs AS Roma berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. Laga berlangsung sengit sebelum wakil Spanyol menang lewat drama adu penalti.

Sevilla mengalahkan AS Roma dalam babak tos-tosan dengan skor 4-1 setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 90 menit dan skor tak berubah dalam 2x15 menit perpanjangan waktu.

Baca Juga:
Taklukkan AS Roma Lewat Adu Penalti, Sevilla Juara Liga Europa

Hasil ini membuat Jose Mourinho mencatatkan rekor buruk. Untuk kali pertama sepanjang kariernya, sang juru taktik berjuluk The Special One kalah di final kompetisi mayor Eropa.

Menyitat statistik via Squawka, Kamis (1/6/2023), Mourinho sebelumnya selalu menang dalam lima final kompetisi Eropa yang dia mainkan.

Final kompetisi Europa perdana Mourinho sebagai pelatih terjadi pada 2003 ketika dia membawa FC Porto melaju ke partai puncak UEFA Cup (kini Liga Europa).

Baca Juga:
Profil Gustavo Almeida, Striker Jebolan Liga Kuwait yang Akan Jadi Andalan Arema FC

Di partai final, Mourinho berhasil membawa tim negara kelahirannya itu juara setelah mengalahkan Celtic dengan skor 3-2.

Hanya semusim berselang, Mourinho secara luar biasa membawa FC Porto ke final Liga Champions 2004. Hebatnya, dia lagi-lagi jadi juara usai membungkam Monaco 3-0.

Perjalanan Mourinho menapaki final kompetisi Eropa berlanjut pada 2010. Dia membawa Inter Milan melaju ke final Liga Champions dan sukses merengkuh juara dengan membungkam Bayern Munich 2-0.

Baca Juga:
9 Pesepak Bola Asal ASEAN yang Bergabung dengan Klub Liga 1, Terbaru Bintang Timor Leste Gali Freitas

Tujuh tahun berselang, Mourinho membawa Manchester United ke final Liga Europa pada 2017 di musim debutnya menukangi Setan Merah. Man United pun diantarnya jadi juara dengan mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0.

Musim lalu, Mourinho sukses membawa AS Roma ke final Liga Konferensi. Giallorosi pun diantarnya jadi juara usai mengalahkan Feyenoord dengan skor 1-0.

Kini, Mourinho harus merelakan statistik sempurna di final kompetisi Eropa miliknya tercoreng. Kekalahan dari Sevilla juga membuatnya gagal membawa AS Roma menjuarai kompetisi Eropa secara back-to-back.

Baca Juga:
Ditanya Tentang Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir Beri Jawaban Begini

Load More