Irwan Febri Rialdi
Pemain Timor Leste, Gali Freitas. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Keputusan PSSI menerapkan regulasi baru soal penggunaan pemain asing di Liga 1 musim depan memang akhirnya menghadirkan deretan pesepak bola asal ASEAN yang bakal meramaikan persaingan.

Para pesepak bola asal ASEAN ini mulai membanjiri Liga 1 karena penerapan kuota 5+1. Dari total enam pemain asing yang bisa direkrut, lima boleh dari negara mana saja dan satu lainnya asal Asia Tenggara.

Sejauh ini, memang baru ada sembilan klub Liga 1 yang sudah mendatangkan pemain asal Asia Tenggara ini di bursa transfer. Dari semua nama, Filipina menjadi negara yang paling mendominasi.

Baca Juga:
Ditanya Tentang Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir Beri Jawaban Begini

Pasalnya, sudah ada lima pesepak bola asal Filipina yang resmi memperkuat klub Liga 1. Mereka ialah Mike Ott (Barito Putera), Daisuke Sato (Persib Bandung), Anthony Pinthus (PSS Sleman), Simen Lyngbo (Persik Kediri), dan Christian Rontini (Persita Tangerang).

Untuk dua nama yang disebut pertama, mereka memang sudah bergabung sejak musim lalu. Sedangkan tiga nama terakhir baru akan mencatatkan debutnya musim depan.

Selain itu, ada pesepak bola asal Singapura yang bakal kembali mentas di Indonesia. Dia adalah Jacob Mahler, bek tengah kelahiran Denmark yang bakal memperkuat Madura United.

Baca Juga:
Top Skor Piala AFC 2022 Ungkap Alasan Main di Liga Indonesia dan Gabung Persik Kediri

Selain itu, ada pula pesepak bola bintang asal Myanmar, Win Naing Tun. Striker Timnas Myanmar ini merupakan amunisi yang akan mengisi slot ASEAN milik Borneo FC pada musim depan.

Selain itu, ada satu peserta asal Timor Leste yang akan kembali merumput musim depan. Dia adalah Pedro Henrique, striker yang jadi andalan Persikabo 1973 pada putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Yang terakhir nama pemain yang paling dinantikan kiprahnya ialah Paulo Gali Freitas. Pemain asal Timor Leste ini memang menjadi sosok Bengal yang cukup terkenal di kancah Asia Tenggara.

Baca Juga:
4 Jebolan FC Utrecht yang Bakal Jadi Andalan Timnas Indonesia saat Jumpa Argentina

Kabarnya, striker yang usianya tidak diketahui karena adanya berbagai versi ini bakal merumput bersama PSIS Semarang di Liga 1 musim depan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola asal Asia Tenggara yang akan bermain dengan klub Liga 1 musim depan.

1. Mike Ott (Barito Putera – Filipina)

Baca Juga:
Michael Krmencik Pamit dari Persija Jakarta, Ini Dia Pesan Terakhirnya

2. Daisuke Sato (Persib Bandung – Filipina)

3. Anthony Pinthus (PSS Sleman – Filipina)

4. Simen Lyngbo (Persik Kediri – Filipina)

5. Christian Rontini (Persita Tangerang – Filipina)

6. Jacob Mahler (Madura United – Singapura)

7. Pedro Henrique (Persikabo 1973 – Timor Leste)

8. Win Naing Tun (Borneo FC – Myanmar)

9. Paulo Gali Freitas (Rumor: PSIS Semarang – Timor Leste)

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More