Irwan Febri Rialdi
Wajah murah Frank Lampard usai Chelsea dikalahkan Southampton 0-2 di Stamford Bridge. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Bolatimes.com - Kiprah Frank Lampard sebagai pelatih yang baru menangani Chelsea kembali menuai sorotan. Belakangan ini, dia disebut sebagai sosok pelatih terburuk dalam sejarah berdirinya klub berjulukan The Blues itu.

Status sebagai pelatih terburuk dalam sejarah Chelsea ini salah satunya diungkapkan oleh akun Twitter @idextratime atau yang dikenal sebagai Extra Time Indonesia.

Penyebabnya, Chelsea baru saja menjadi korban keganasan Arsenal pada pertandingan lanjutan Liga Primer Inggris 2022/2023.

Baca Juga:
Profil Kamerun, Negara Top Afrika Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023

Bertanding di Emirates Stadium, The Blues digasak dengan skor 1-3 oleh The Gunners. Tiga gol tim lawan dicetak oleh Martin Odegaard (18’ dan 31’) serta Gabriel Jesus (34’). Adapun satu-satunya gol balasan Chelsea datang dari None Madueke (65’).

Dengan demikian, ini menjadi kekalahan keenam yang diraih oleh Chelsea di bawah asuhan Frank Lampard pada enam pertandingan beruntun.

Sebelumnya, mereka sempat meraih kekalahan saat menghadapi Wolverhampton (0-1), Real Madrid (0-2), Brighton (1-2), Real Madrid (0-2), dan Brentford (0-2).

Baca Juga:
6 Fakta Menarik Cyrus Margono, Kiper Klub Liga Yunani yang Ingin Jadi WNI

PENJELASAN

Sebetulnya, pernyataan yang disebutkan @idextratime menangani status Frank Lampard sebagai pelatih terburuk dalam sejarah berdirinya Chelsea bukanlah isapan jempol semata.

Pasalnya, jika merujuk pada catatan sejarah klub asal London ini, Frank Lampard memang menjadi satu-satunya manajer yang gagal mempersembahkan kemenangan untuk The Blues pada masa-masa awal kepemimpinannya.

Baca Juga:
Cuaca Panas di Kamboja jelang Laga Timnas Indonesia vs Myanmar, Irfan Jauhari Cuma Bilang Begini

Tercatat, Chelsea sudah melewati enam pertandingan yang semuanya sudah berujung dengan kekalahan.

Selain itu, catatan yang dihimpun oleh Opta juga menyebutkan bahwa Frank Lampard menjadi manajer pertama yang menelan 10 kekalahan beruntun di musim yang sama saat menangani klub Liga Primer Inggris.

Memang sebelumnya sudah ada sosok pelatih bernama Arthur Cox yang meraih hasil serupa saat menangani Derby County. Namun, catatan buruk itu terjadi pada Februari 1988.

Baca Juga:
Heboh UEFA Batalkan 1 Trofi Liga Champions Milik Lionel Messi, Kok Bisa?

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa status Frank Lampard sebagai pelatih terburuk dalam sejarah Chelsea memang dikuatkan dengan bukti statistik.

Pasalnya, tidak ada pelatih Chelsea yang meraih enam kekalahan beruntun sejak menangani tim asal London ini yang tercatat dalam sejarah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More