Irwan Febri Rialdi
Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022. (AFP/Issouf Sanogo)

Bolatimes.com - Profil Timnas Kamerun bakal dibahas lebih lanjut dalam artikel kali ini sebagai salah satu calon lawan dari Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023.

Berbagai kabar tersiar menyoal satu calon lawan Timnas Indonesia lainnya di FIFA Matchday mendatang, dari Argentina sampai ke Kamerun.

Sebelumnya, PSSI melalui Ketum Erick Thohir sudah memastikan bahwa Timnas Indonesia bakal melawan Palestina, tinggal menunggu satu tim lain sebagai lawan kedua.

Baca Juga:
6 Fakta Menarik Cyrus Margono, Kiper Klub Liga Yunani yang Ingin Jadi WNI

Rumor deras menyebut bahwa Argentina bakal menjadi lawan Indonesia, tapi ada alternatif lain yaitu Kamerun jika La Albiceleste gagal didatangkan.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Timnas Kamerun? Berikut ulasan profilnya!

Profil Kamerun

Baca Juga:
Cuaca Panas di Kamboja jelang Laga Timnas Indonesia vs Myanmar, Irfan Jauhari Cuma Bilang Begini

Kamerun menjadi salah satu negara asal Afrika yang rutin mentas di Piala Dunia dan kerap melahirkan sederet pemain kelas dunia.

Sejak debut di Piala Dunia 1982 silam, prestasi terbaik Kamerun adalah mencapai babak perempat final. Prestasi itu ditorehkan pada edisi Piala Dunia 1990 di Italia.

Sayangnya, Kamerun kembali gagal mengukir prestasi apik di Piala Dunia 2022 kemarin usai terhenti di babak penyisihan grup.

Baca Juga:
Heboh UEFA Batalkan 1 Trofi Liga Champions Milik Lionel Messi, Kok Bisa?

Kamerun yang tergabung di Grup G bersama Brasil, Swiss, dan Serbia, cuma menempati peringkat ketiga klasemen akhir dengan torehan 4 poin.

Selain rutin menjadi wakil Afrika di Piala Dunia, Kamerun juga merupakan salah satu tim dengan koleksi gelar Piala Afrika terbanyak.

Kamerun tercatat mengoleksi 5 trofi juara Piala Afrika yang didapatkan pada edisi 1984, 1988, 2000, 2002, dan terakhir kali pada 2017.

Baca Juga:
Akui Kalah Level, Pelatih Myanmar Beberkan Kesulitan Timnya Jelang Lawan Timnas Indonesia U-22

Pemain Bintang

Eric Maxim Choupo Moting menjadi pemain kunci timnas Kamerun selepas Samuel Eto'o menyatakan pensiun. Pemain Bayern Munchen itu sudah mencatat 72 penampilan dengan kontribusi 20 gol.

Pelatih

Pelatih Rigobert Song melatih timnas Kamerun Sejak Februari 2022 menggantikan Toni Conceicao. Ia sebelumnya pernah menangani timnas Kamerun medio 2018-2019.

Sejak menangani Kamerun dari Maret 2022, Song sudah menjalani 17 pertandingan dengan catatan 5 kemenangan, 6 kali imbang, dan 6 kali kalah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More