Rauhanda Riyantama
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Argentina dikabarkan menerima tawaran dari tim asal Asia Tenggara untuk bertanding pada pertandingan persahabatan pada FIFA Matchday periode Juni 2023.

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh akun Twitter The Asean Football (@theaseanball). Mereka mengatakan, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) akan tampil pada laga uji coba melawan tim asal Asia Tenggara pada Juni 2023.

Meskipun demikian, The Asean Football tak menyebut secara spesifik soal tim mana yang akan dihadapi oleh Timnas Argentina tersebut. Sebab, perkembangan soal detailnya akan disampaikan dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Indra Sjafri akan Panggil 7 Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk Tampil di SEA Games 2023

Sebelumnya, rencana untuk menghadirkan jawara Piala Dunia 2022 itu pada ajang FIFA Matchday periode Juni 2023 datang dari Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali.

Dia mengatakan, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat ini tengah berusaha membujuk Timnas Argentina untuk menghadapi skuad asuhan Shin Tae-yong.

Erick melakukan hal tersebut di sela-sela menghadiri Kongres FIFA di Rwanda, Afrika pada Kamis (16/3/2023) malam WIB, di mana banyak federasi sepak bola dari seluruh dunia hadir.

Baca Juga:
Ditempa Garuda Select, Raihan Utama Akui Dirinya Berkembang Pesat

"Pak Ketua umum PSSI berkomunikasi kepada beberapa asosiasi dengan mengundang untuk FIFA Matchday pada Juni. Itu ada Timnas Palestina, dan yang sedang diusahakan adalah Argentina. Tapi, ini masih rencana," ujar Zainudin Amali kepada awak media di Jakarta.

Selanjutnya pada bulan Juni, Indonesia disebutkan akan berhadapan dengan Palestina. Namun pertandingan itu hanya digelar dalam satu match saja, maka dari itu Indonesia membutuhkan satu tim lagi dan pilihannya jatuh ke Timnas Argentina.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menanggapi rencana itu dengan semangat. Namun, PSSI yang berkoordinasi dengan federasi sepak bola Argentina diminta sungguh-sungguh bisa mendatangkannya. Jangan sampai hal itu hanya rumor atau asal bicara saja.

Baca Juga:
Lupa Bayar Zakat Fitrah, Bagaimana Hukumnya?

"Saya minta tolong segera bisa diundang (Timnas Argentina, red). Jangan bicara saja," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Senin (20/3/2023).

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More