Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-20 berpose sebelum melawan Tim Nasional Fiji U-20 dalam pertandingan uji coba internasional U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2023). Timnas Indonesia U-20 kalahkan Fiji U-20 dengan skor akhir 4-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Bolatimes.com - Karena Israel, timnas Indonesia sudah dua kali gagal tampil di Piala Dunia.

Tentu sangat berat hati ketika harus menerima kenyataan bahwa timnas Indonesia untuk kedua kalinya harus gagal tampil di Piala Dunia.

Menariknya penyebab kegagalan timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia tetap sama, yakni menolak Israel sebagai lawan di ajang ini.

Baca Juga:
Argentina Diklaim Gantikan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Kembali ke tahun 1958, tepatnya ketika Piala Dunia digelar di Swedia di mana Indonesia lolos ke babak kedua kualifikasi dari grup 1 babak pertama.

Masuk ke babak itu, skuad Garuda berada satu grup dengan Israel, Sudan dan Mesir, peluang besar melaju ke putaran final Piala Dunia pun terbuka.

Meski begitu, timnas Indonesia melewatkan kesempatan itu setelah memilih menolak bermain melawan timnas Israel.

Baca Juga:
Rangkuman Kekecewaan Pemain Timnas Indonesia U-20 usai Piala Dunia U-20 Batal Digelar

Keputusan itu diambil Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno yang memiliki komitmen mendukung penuh Palestina yang tengah dijajah Israel.

Ir. Soekarno menyampaikan tekadnya bahwa timnas Indonesia tidak akan pernah bermain melawan Israel sampai Palestina merdeka.

Hal itu disampaikan bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, hingga pada akhirnya keputusan timnas Indonesia mundur berbuah manis untuk Israel.

Baca Juga:
Garuda Select Kalahkan 5 Tim Inggris, Netizen: Jangan Pulang ke Indonesia!

Kini sejarah terulang, timnas Indonesia gagal berlaga di Piala Dunia U-20 2023 setelah sejumlag pihak menolak keikutsertaan Israel.

Di ajang ini Indonesia berstatus sebagai tuan rumah dan otomatis menjadi kontestan dengan keistimewaan berada di pot 1 yang merupakan unggulan.

Angan tak sampai, kini bermain di Piala Dunia hanya mimpi bagi para pemain di skuad timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka dan yang lainnya.

Baca Juga:
Sepak Bola Kongo Dirusak Elit Politik demi Popularitas, Indonesia Bakal Menyusul?

FIFA resmi mencabut status tuan rumah Indonesia dalam penyelenggaraan ini, imbas dari penolakan Israel dari sejumlah pihak.

Mulai dari ormas keagamaan, politikus dan gubernur yang kompak menolak keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: Eko
Load More