Rauhanda Riyantama
Manajer Tottenham Hotspur, Antonio Conte. [OLI SCARFF / AFP]

Bolatimes.com - Tottenham Hotspur gemar memecat pelatih-pelatih top yang menangani klub berjuluk The Lilywhites tersebut. Seretnya prestasi jadi alasan kuat dibalik pemecatan tersebut.

Dalam lima tahun terakhir saja, Tottenham tercatat sudah berganti empat pelatih baru. Namun, tidak ada satupun dari pelatih tersebut yang memberikan gelar juara.

Lantas, pelatih top mana saja yang dipecat oleh Tottenham Hotspur?

Baca Juga:
Momen Benturan Keras Edo Febriansyah dengan Pemain Burundi, Alami Cedera Hingga Ditarik Keluar

1. Antonio Conte

Tottenham Hotspur resmi memecat Antonio Conte dari kursi manajer. Pemecatan dikonfirmasi pada Minggu (26/3/2023) malam waktu setempat. 

Kedua belah pihak telah menyetujui persyaratan perjanjian terkait kompensasi dari pemecatan tersebut, sebagaimana laporan Sport Illustrated, Senin (27/3/2023).

Baca Juga:
Ratu Tisha Ucap Terima Kasih saat Pamer Foto Bareng Perwakilan FIFA, Piala Dunia U-20 Indonesia Lanjut?

Tottenham sekarang akan dipimpin oleh mantan asisten Conte, Cristian Stellini secara interim hingga akhir musim. Stellini akan didukung oleh pelatih Ryan Mason.

Conte memimpin 76 pertandingan Spurs antara November 2021 hingga Maret 2023. Dia memenangkan 41 pertandingan alias 53,95 persen secara keseluruhan.

2. Jose Mourinho

Baca Juga:
PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya, Aji Santoso Waspadai Kebangkitan Tuan Rumah

Pelatih dengan julukan The Special One ini ditunjuk menjadi manajer Spurs pada 2019. Dengan CV yang mentereng, Mourinho dinilai bisa menyulap Spurs menjadi tim bintang dan meraih trofi.

Namun demikian, tidak hadirnya trofi dalam perjalanan Mourinho di Spurs membuatnya didepak pada 2021 silam. Eks pelatih Chelsea hingga Real Madrid itu memimpin 86 pertandingan.

Dari total pertandingan itu, Mourinho mempersembahkan 44 kemenangan atau punya win persentase sebesar 51,16%.

Baca Juga:
Perbandingan Pemain Termahal Timnas Indonesia dan Burundi, bak Bumi dan Langit

3. Mauricio Pochettino

Pochettino bisa dibilang merupakan pelatih terlama dalam satu dekade terakhir yang menangani Tottenham Hotspur. Ia mulai ditunjuk menjadi pelatih pada 2014 hingga 2019.

Selama lebih dari lima musim pengabdiannya, Pochettino mempersembahkan 159 kemenangan dari 293 pertandingan di semua ajang.

Sayangnya, Pochettino tidak mampu memberikan gelar juara hingga akhirnya didepak pada 2019. Kini, Pochettino pun sedang menganggur usai didepak PSG.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More