Irwan Febri Rialdi
Direktur Olahraga KMSK Deinze, Adrian Esparraga. (Twitter/@aesparraga)

Bolatimes.com - Direktur Olahraga KMSK Deinze, Adrian Esparraga, memiliki keyakinan besar bahwa pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, bakal meraih kesuksesan bersama klubnya.

Adrian Esparraga mengatakan, Marselino Ferdinan merupakan salah satu pemain muda berbakat dari Asia yang punya potensi besar untuk meraih kesuksesan di Eropa.

Itulah sebabnya, klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, memutuskan untuk merekrut gelandang berusia 18 tahun ini dari Persebaya Surabaya.

Menurut Adrian Esparraga, Marselino Ferdinan bisa saja menjadikan KMSK Deinze sebagai batu pijakan untuk melanjutkan kariernya di klub yang lebih besar.

"Kami merekrutnya karena dia adalah salah satu talenta muda terbaik di Asia yang berpotensi tampil di Eropa. Kesempatan ini akan menjadi kesempatan bagus bagi dia untuk mengembangkan karier," ujar Adrian Esparraga, diunggah di laman resmi klub, Selasa (1/2/2023).

Menurut Adrian, KMSK Deinze bakal menjadi klub yang membantu kapten Timnas Indonesia U-20 itu untuk mencapai cita-citanya, yakni berkarier bersama klub elite Eropa.

Dia berharap, pemain yang masuk dalam daftar 60 Pemain Muda Paling Potensial di Dunia tahun 2021 versi The Guardian ini bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk klub yang bermarkas di Stadion Burgemeester Van de Wiele ini.

Profil Adrian Esparraga

Adrian Esparraga merupakan Direktur Olahraga KMSK Deinze yang sudah ditunjuk oleh klub kasta kedua Liga Belgia tersebut sejak 16 Februari 2022.

Sebagai informasi, Adrian Esparraga merupakan lelaki kelahiran Cartagena, Spanyol, pada 15 Oktober 1990. Dengan kata lain, usianya saat ini baru menginjak 32 tahun.

Usia ini terhitung sangat muda bagi seorang Direktur Olahraga yang harus memahami aspek teknis dari sebuah klub sepak bola profesional. Apalagi, kelasnya ialah klub Eropa.

Meskipun demikian, Adrian Esparraga sudah punya rekam jejak yang cukup baik di dunia sepak bola. Apalagi, saat ini dia telah mengantongi lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Kariernya di dunia kepelatihan sudah dimulai sejak tahun 2009. Ketika itu, dia menjadi asisten pelatih klub CD Alhaurino, tepatnya mulai 1 Juli 2009 hingga 30 September 2010.

Setelah itu, ia mendapat kesempatan untuk menjadi pencari bakat alias talent scouting klub Spanyol, Malaga CF. Ia pernah naik pangkat menjadi Kepala Analisis Malaga CF pada 2011.

Bahkan, ketika memasuki tahun 2013, Adrian Esparraga dipromosikan menjadi Head of Scouting alias Kepala Divisi Pencari Bakat Malaga CF.

Kariernya kemudian berlanjut bersama klub Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur pada 2015 sebagai pencari bakat. Lalu, ia bergeser ke Real Betis pada tahun yang sama dengan jabatan yang sama.

Lelaki berusia 32 tahun ini juga pernah menjadi pencari bakat Leicester City pada 2016-2018 dan bergeser ke Prancis untuk bekerja di FC Girondins Bordeaux.

Pengalamannya itulah yang membuat Adrian Esparraga bisa mencari bakat-bakat seperti Marselino Ferdinan yang lokasinya sangat jauh dari Eropa.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More