Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan pelatih berhasil menjadi juara Piala Dunia dengan status termuda seiring keberhasilan Lionel Scaloni meraih titel di edisi 2022 ini bagi Argentina.

Lionel Scaloni mencatatkan dirinya dalam sejarah Piala Dunia usai mengantarkan Argentina merengkuh trofi juara di edisi 2022 yang berlangsung di Qatar.

Pelatih yang dulunya mantan pemain West Ham United itu mampu membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 usai mengandaskan perlawanan Prancis di partai puncak lewat adu penalti, Minggu (18/12).

Baca Juga:
Profil Gonzalo Montiel, Penentu Timnas Argentina Juara Piala Dunia 2022

Selain mengalahkan Prancis, Scaloni juga membawa tim berjuluk La Albiceleste itu mengalahkan tim-tim besar seperti Kroasia, Belanda, Australia, Polandia, dan Meksiko.

Hebatnya, Scaloni membawa Argentina merengkuh gelar Piala Dunia pertamanya sejak 1986 itu di usia yang baru 44 tahun saja.

Karena usia yang dimilikinya itu, Scaloni pun kemudian masuk dalam daftar sejarah sebagai salah satu pelatih termuda yang berhasil menjuarai Piala Dunia.

Baca Juga:
Menengok Fisik Bola Bersatu yang Punya Teknologi Canggih di Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni. (AFP)

Namun, Scaloni bukanlah pemain termuda yang bisa meraih gelar di ajang ini. Setidaknya ada tiga pelatih lainnya yang jauh lebih muda ketimbang dirinya saat menjuarai Piala Dunia.

Lantas, siapa saja pelatih termuda yang bisa menjuarai Piala Dunia jauh sebelum Lionel Scaloni bersama Argentina di Piala Dunia 2022 ini? Berikut daftarnya.

1. Alberto Supicci (Uruguay)

Baca Juga:
Malas Bahas Kekuatan Timnas Thailand, Shin Tae-yong Pilih Fokus ke Tim Sendiri

Dalam sejarah Piala Dunia, pelatih pertama yang mampu menjadi juara ajang ini adalah Alberto Supicci yang melatih Uruguay di Piala Dunia 1930.

Saat itu, Supicci baru berusia 31 tahun 8 bulan. Siapa sangka, ia menjadi pelatih termuda dan pelatih pertama yang bisa menggondol trofi yang dinamai Jules Rimet tersebut.

Di final Piala Dunia 1930, Supicci menjadi otak di balik Epic Comeback Uruguay yang tertinggal 1-2 dari Argentina di babak pertama dan mengubah skor menjadi 4-2 di akhir laga.

Baca Juga:
Disebut Shin Tae-yong 'Remehkan' Timnas Indonesia, Pelatih KV Mechelen Bongkar Alasan Tak Lepas Sandy Walsh

2. Mario Zagallo (Brasil)

Mario Zagallo menjadi pelatih termuda kedua di sejarah Piala Dunia saat membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1970 pada usia 38 tahun 10 bulan.

Pencapaian ini juga dibarengi pencapaian lainnya, di mana Zagallo berstatus pemain dan pelatih yang bisa menjuarai Piala Dunia, yakni 1958 dan 1962 sebagai pemain, lalu 1970 sebagai pelatih.

Pada 1994, Zagallo juga berhasil membawa Brasil kembali menjadi juara Piala Dunia. Namun saat itu, statusnya adalah sebagai asisten dari Carlos Alberto Parreira.

3. Cesar Luis Menotti (Argentina)

Sebelum Lionel Scaloni, Argentina pernah menjuarai Piala Dunia 1978 di bawah arahan pelatih muda, yakni Cesar Luis Menotti yang berusia 39 tahun 8 bulan.

Eks pelatih Newell’s Old Boys itu menjadi pelatih pertama yang membawa Argentina meraih titel Piala Dunia, setelah gagal di tahun 1930.

Selain membawa Argentina juara Piala Dunia 1978, Menotti juga membawa Argentina U-20 menjuarai Piala Dunia Pemain Muda atau World Youth Championship pada 1979 bersama Diego Maradona muda.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More