Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Maroko usai lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal. (Twitter)

Bolatimes.com - Kuda hitam julukan tim yang tidak diunggulkan namun diyakini memberi dampak signigikan, seperti halnya di Piala Dunia di mana banyak kejutan yang ditunjukkan tim dengan label ini.

Tak seperti tim unggulan yang jadi langganan juara di Piala Dunia, kehadiran tim kuda hitam menjadi ancaman nyata tersendiri.

Dari tim yang tidak diunggulkan namun memberi dampak signifikan bahkan mampu meruntuhkan dominasi tim-tim kuat di Piala Dunia.

Baca Juga:
3 Pemain yang Gacor di Liga 1 usai Tak Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Termasuk Penyerang Naturalisasi

Sederet tim kuda hitam menjadi warna tersendiri seiring dituliskannya sejarah Piala Dunia, menarik diketahui tim mana saja yang pernah menyandang status ini.

Lantas siapa saja mereka? berikut deretan tim yang sempat menyandang status tim kuda hitam di gelaran Piala Dunia.

1. Kroasia

Baca Juga:
Gimana Nih, Polri Belum Terbitkan Izin Timnas Indonesia Pakai SUGBK di Piala AFF 2022

Aksi Lionel Messi saat Argentina lawan Kroasia di Piala Dunia 2018. (AFP)

Jauh sebelum menjadi finalis di Piala Dunia 2018, Kroasia sempat mengguncang dunia di edisi 1998 setelah memasuki babak perempat final.

Mengalahkan Rumania dan menggebuk Jerman dengan skor 3-0 di fase grup, sebelum bertemu Prancis dan kalah dengan skor 1-2.

Di Piala Dunia 2022, Kroasia mencoba peruntungan lagi dengan memastikan langkah ke semifinal usai mengalahkan Brasil di perempat final via adu penalti.

Baca Juga:
Ivar Jenner Posting Foto Lawas Skuad Timnas Indonesia U-20, Masih Belum Move On?

2. Turki

Turki menggebrak Piala Dunia 2002 setelah lolos ke babak semifinal, sayangnya mereka harus berjumpa Brasil di babak tersebut.

Keberuntungan Turki sejak fase grup, babak 16 besar dan perempat final habis di tangan Brasil setelah kalah dengan skor tipis 0-1 dari tim Samba.

Baca Juga:
Tampil Memukau di Piala Dunia, Joao Felix jadi Rebutan Aston Villa dan Arsenal di Bursa Transfer Januari Mendatang

Mirisnya, Piala Dunia 2002 menjadi edisi putaran final Piala Dunia terakhir yang mampu dicapai Turki hingga saat ini.

3. Ukraina

Potret pemain Timnas Ukraina jelang menghadapi Wales di final playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

Di Piala Dunia 2006, Ukraina sukses melangkahkan kai hingga babak perempat final bersama Andriy Shevchenko di skuad mereka.

Sayangnya keberuntungan Ukraina habis setelah berjumpa Italia, Andrea Pirlo Cs menggebuk Ukraina dengan skor telak 3-0.

Piala Dunia 2006 juga sekaligus edisi terakhir turnamen empat tahunan yang bisa dicapai Ukraina sampai ke putaran final.

4. Ghana

Di tahun 2010, Ghana mendapat kesempatan melangkah ke semifinal Piala Dunia sekaligus menjadi negara Afrika pertama yang mencapai babak itu.

Sayangnya impian itu pudar, Uruguay jadi batu sandungan Ghana setelah kalah dalam adu penalti setelah insiden kontroversial handball Luis Suarez.

Ditambah kegagalan Asamoah Gyan sebagai eksekutor penalti penentu kemenangan sebelum laga berlanjut ke babak tambahan.

5. Kosta Rika

Kosta Rika menjadi tim kejutan di Piala Dunia 2014 Brasil, keluar sebagai pemuncak klasemen fase grup namun keberuntungan terhenti di babak perempat final.

Belanda jadi masalahnya, Kosta Rika kalah dalam adu penalti dengan strategi unik Belanda memasukkan Tim Krull di menit-menit terakhir.

Krull menjadi mimpi buruk perwakilan CONCACAF saat memiliki kesempatan membuat sejarah di areanya sendiri saat itu.

6. Rusia

Pemain Rusia Yuri Gazinskiy menjebol gawang Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) [AFP]

Status tuan rumah dimanfaatkan dengan baik Rusia pada Piala Dunia 2018, untuk pertama kali negara bekas Uni Soviet ini melangkah ke perempat final.

Spanyol jadi mimpi buruk Rusia, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan babak tambahan, tuan rumah kalah dalam adu penalti.

Kekalahan itu menghentikan langkah Rusia di Piala Dunia 2018, namun catatan terbaik yang mampu mereka torehkan saat itu.

7. Maroko

Piala Dunia 2022 Qatar semua mata tertuju pada Maroko, tim Afrika pertama yang sukses mencapai babak semifinal Piala Dunia.

Trek yang menawan dari fase grup sampai perempat final, Belgia, Spanyol dan Portugal jadi korban keganasan Singa Atlas.

Maroko kini dihadapkan Prancis di semifinal Piala Dunia 2022, status kuda hitam masih melekat saat lawan memiliki  status unggulan di ajang ini.

Kontributor: Eko
Load More