Husna Rahmayunita
Neil Webb. (YouTube/Red Dog TV)

Bolatimes.com - Kehidupan bisa berputar 180 derajat buat siapapun, termasuk untuk Neil Webb yang merupakan mantan pemain Timnas Inggris dan Manchester United.

Tidak ada yang menyangka, seorang mantan pesepakbola yang pernah membela klub besar dan bermain di Timnas Inggris akan menjalani masa-masa sulit setelah pensiun.

Setelah pensiun dari dunia sepak bola usai membela Grimsby Town pada 1997, Neil Webb justru melanjutkan karier sebagai tukang pos karena rekomendasi seorang teman.

Saat itu, dia cuma berpenghasilan sekitar 220 poundsterling atau sekitar Rp 4,2 juta per pekan. Jumlah ini tentu berbeda jauh saat dia menjadi pemain di klub besar.

Tentu saja dia membuat heboh sejumlah para pelanggannya yang mengenalnya. "Butuh waktu lama bagi saya untuk berkeliling, ketika orang-orang mengetahui bahwa saya mengirimkan pos mereka, saya diundang untuk datang untuk minum kopi," ungkapnya dilansir Daily Star.

"Anda tidak akan melihat pemain sepak bola dari sepuluh tahun terakhir melakukannya. Mengingat upah pemain modern yang besar, kami sangat ragu kami akan melihat pemain Manchester United mengirimkan surat Anda," sambung Webb.

Kabar bahwa Webb menjadi tukang pos diketahui setelah salah satu program bernama "Where Are They Now?". Namun, ini ia tak lagi menjadi tukang pos.

Neil Webb diketahui bekerja di perusahaan transportasi dan beberapa kali menjadi bintang tamu di Talksport. Ia juga bekerja dengan Jaringan Televisi Score di Kanada sebagai koresponden sepak bola Inggris.

Adapun, sosok bernama lengkap Neil John Webb ini lahir di Reading, 30 Juli 1963. Ia memulai kariernya dengan bermain di Reading.

Kesuksesan kariernya didapatkan saat membela Nottingham Forest dan Manchester United. Di dua klub itu, ia meraih gelar Piala Liga Inggris, Piala FA, Piala Winners, hingga Piala Super Eropa.

Neil Webb juga mencatatkan 28 penampilan untuk Timnas Inggris dan mencetak empat gol. Webb juga merupakan bagian dari skuad Inggris yang mencapai semifinal Piala Dunia 1990. 

Sayangnya, cedera dan kegagalan Inggris di Euro 1992 membuat nama Neil Webb seolah menghilang. Hingga akhirnya dia pindah ke klub kecil dan pensiun pada tahun 2000.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More