Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

Bolatimes.com - Siapa sangka Vietnam adalah negara yang masyarakatnya lebih gila sepak bola dibandingkan Indonesia. Hal itu menurut survei yang dipublikasikan oleh Nielsen baru-baru ini.

Sepak bola Indonesia dan Vietnam, dalam hal ini tim nasional, memang selalu panas. Kedua tim tampak punya gengsi ketika bertemu.

Selama di pegang Park Hang-seo, timnas Vietnam memang punya prestasi melejit yang tak bisa ditandingi oleh timnas Indonesia.

Baca Juga:
Kurang dari Sebulan Dimulai, Dua Negara Ini Terancam Batal Ikut Piala Dunia 2022

Akan tetapi, beda cerita ketika Shin Tae-yong akhirnya menangani tim Merah Putih. Perlahan juru taktik asal Korea Selatan itu berhasil menghidupkan gairah di timnas Garuda.

Shin Tae-yong memang belum pernah menang menghadapi Vietnam asuhan Park Hang-seo seperti di Piala AFF 2020 hingga SEA Games 2021 lalu.

Namun, di kelompok umur akhirnya timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Vietnam ketika laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 September lalu.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Liga Spanyol: Gagal Menang Lawan Girona, Real Madrid Ditempel Barcelona di Puncak

Rivalitas yang terjadi antara Indonesia dan Vietnam ini besar kemungkinan karena dua negara punya masyarakat yang gila bola. Menariknya dalam urusan itu, Vietnam ternyata lebih unggul.

Melansir dari survei Nielsen soal laporan Sepak Bola Dunia 2022, Vietnam merupakan negara pertama di Asia yang paling tinggi presentasinya meminati sepak bola.

Vietnam jadi negara Asia pertama sebagai peminat sepak bola, sedangkan Indonesia nomor tiga. (Nielsen)

Vietnam berada di urutan pertama dengan presentase 75 persen. Di urutan kedua adalah Uni Emirat Arab dengan 70 persen, baru Indonesia yang punya angka 69 persen.

Baca Juga:
Aksi Ciamik Egy Maulana Vikri di FC ViOn Zlate Moravce, Bikin Kagum Netizen usai Kecoh 2 Pemain Lawan

"Tingkat ketertarikan terhadap sepak bola di Asia Tenggara besar, meski fakta bahwa mereka tidak berada di wilayah yang memenuhi untuk ke final Piala Dunia. Di tiga dari empat penduduk terpadat negara Asia Tenggara, Indonesia, Vietnam dan Thailand, lebih dari 50 persen populasinya tertarik dengan sepak bola," tulis publikasi dari Nielsen.

Thailand sendiri menempati negara kelima di Asia yang tertarik dalam sepak bola setelah Arab Saudi. Ada beberap negara ASEAN lagi yang masuk daftar tersebut seperti Malaysia, Singapura, hingga Filipina.

Artinya itu menandakan bahwa Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan yang punya minat besar di sepak bola. Sayangnya tim ASEAN dalam hal prestasi masih jauh dari negara Asia lainnya dalam urusan internasional seperti Korea, Jepang, Arab Saudi, atau Iran.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Real Madrid Cuma Imbang, Real Sociedad Dibungkam Real Betis

Load More