Rauhanda Riyantama
Jamal Lowe, mantan guru olahraga yang kini dikontrak Bournemouth dan main di Liga Inggris. (Twitter)

Bolatimes.com - Jamal Lowe punya kisah unik dalam perjalanannya meniti karier sebagai seorang pesepak bola. Dia sempat menjadi guru hingga akhirnya bisa bermain di Liga Inggris.

Pemain kelahiran Harrow, Inggris, pada 21 Juli 1994 ini sebetulnya sudah memulai karier sepakbolanya sejak 2012. Namun, saat itu dia masih bermain di tim amatir.

Lowe yang sempat menimba ilmu sepak bola di berbagai akademi lokal seperti Farnborough, kemudian bergabung dengan akademi Barnet.

Baca Juga:
Momen Selebrasi Brahim Diaz Tiru Lionel Messi usai Cetak Gol Fantastis Lawan Juventus

Pada 2012 ketika usianya 18 tahun, dia kemudian promosi ke tim utama Barnet, yang saat itu bermain di divisi kelima sepak bola Inggris.

Bermain di divisi kasta paling bawah bahkan amatir, Lowe justru lebih banyak dipinjamkan ke berbagai klub hingga akhirnya dia pindah ke St Albans City yang bermain di divisi keenam.

Setelah dari sana, Jamal Lowe lalu pindah ke tim kasta bawah lainnya, Hemel Hempstead Town, lalu pindah ke Hampton & Richmond Borough.

Baca Juga:
Tawa Media Vietnam di Atas Duka Timnas Indonesia U-16 yang Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Bagi Lowe, terus bermain di kasta bawah dan menjadi pesepak bola amatir tentu tidak bisa menopang hidupnya. Untuk itu, dia sempat menjadi seorang guru olahraga.

Ya, Lowe harus mencari pekerjaan utama sebagai guru olahraga dan menjadikan sepak bola sebagai pekerjaan sampingan.

Bahkan Lowe pernah mendapati momen paling suram dalam hidupnya ketika dia tidak masuk ke dalam line-up pemain ketika sudah mengikuti perjalanan jauh untuk sebuah pertandingan.

Baca Juga:
Mengenal 5 Pemain Futsal Terbaik di Dunia, Ada yang Main di Indonesia

Momen itu terjadi ketika dia masih membela Hemel Hempstead untuk pertandingan National League South melawan Gosport.

Bagi Lowe, momen itu menjadi titik terendah dalam kariernya hingga saat ini. “Pada saat itu, saya pikir saya tidak akan pernah bermain sepak bola lagi. Saya tidak percaya. Saya hancur,'' katanya kepada SPORTbible

Alih-alih menyerah, Jamal Lowe bangkit dan perlahan mulai menemukan jalan untuk menjadi pesepak bola yang lebih sukses.

Baca Juga:
Singkirkan Timnas Indonesia U-16 ke Piala Asia U-17 2023, Laos Punya Kemajuan Pesat di Kelompok Umur

Momen itu hadir ketika dirinya diboyong oleh Portsmouth pada musim 2016/17 dan bermain di League Two atau divisi keempat. Meski ada di divisi bawah, Portsmouth adalah salah satu tim Inggris yang punya sejarah bagus--sebelum mereka semakin turun.

Selama dua musim setengah tampil menjanjikan dengan torehan 29 gol dalam 119 pertandingan, Jamal Lowe diboyong Wigan Athletic pada 2019 dan bermain di Championship atau divisi kedua.

Jamal Lowe kembali pindah, kali ini ke Swansea City yang juga bermain di Championship. Lalu pada musim 2021/22, Jamal Lowe bergabung dengan AFC Bournemouth.

Lowe berjasa membawa Bournemouth promosi ke Liga Inggris setelah menjadi runner-up Championship 2021/22. Lalu pada musim 2022/23, dia melakoni debut di Liga Inggris saat melawan Manchester City.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More