Rauhanda Riyantama
Timnas Argentina juara Finalissima 2022 usai mengalahkan Italia 3-0. (AFP)

Bolatimes.com - Gelaran Piala Dunia 2022 barangkali menjadi momentum yang tepat bagi timnas Argentina untuk kembali menancapkan kejayaannya yang telah lama pudar.

Sebab, setelah berhasil meraih gelar juara pada edisi 1986, sejak saat itu timnas Argentina selalu gagal membawa pulang trofi Piala Dunia ke kampung halamannya.

Sebetulnya mereka nyaris saja menjuarai edisi Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Sayangnya, setelah berhasil melaju hingga partai final, mereka justru tumbang 0-1 dari Jerman dan harus puas menggenggam peringkat kedua.

Baca Juga:
Hasil Japan Open 2022: Fajar/Rian Kalah Lawan Wakil China, Ganda Putra Indonesia Tanpa Gelar

Pada Piala Dunia 2022, tim berjulukan La Albiceleste ini akan tergabung di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Secara hitung-hitungan di atas kertas, Argentina memang lebih diunggulkan untuk menjadi juara grup.

Jika melihat performa mereka sepanjang fase Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL, tentu performa timnas Argentina cukup menjanjikan.

Sebab, meski hanya mampu mengakhiri persaingan di peringkat kedua klasemen akhir, Argentina mampu meraih 11 kemenangan dan enam kali seri. Mereka tak tersentuh satu pun kekalahan pada fase ini.

Baca Juga:
Mesut Ozil dan Kompatriot Lionel Messi Dirumorkan Susul Jordi Amat ke JDT

3 Pemain Kunci

Bagaimanapun juga, Lionel Messi masih tetap layak untuk mendapatkan status sebagai pemain kunci timnas Argentina, terutama pada ajang Piala Dunia 2022.

Kendati performanya di level klub bersama Paris Saint-Germain kerap menuai kritikan, tetapi Lionel Messi tetap saja menjadi pemain yang menjadi tulang punggung Argentina di level internasional.

Baca Juga:
Cerita Tragis Paul Konchesky, Pemain Berbakat yang Kariernya Hancur d Liverpool

Sebab, pada fase Kualifikasi Piala Dunia 2022, Messi sudah mendulang tujuh gol. Piala Dunia 2022 juga menjadi salah satu kesempatan terakhir bagi Messi untuk meraih juara bersama Argentina.

Dua pemain lainnya yang juga layak menyandang status sebagai sosok kunci di timnas Argentina pada Piala Dunia 2022 ialah Lisandro Martinez dan Lautaro Martinez.

Lisandro baru-baru ini menjadi idola baru bagi pendukung Manchester United karena performa klinisnya di sektor pertahanan, sedangkan Lautaro bakal menjadi salah satu juru gedor yang diandalkan oleh tim asuhan Lionel Scaloni.

Baca Juga:
Naturalisasi 3 Pemain Keturunan, Pundit Vietnam Sindir Perkembangan Sepak Bola Indonesia

Pelatih: Lionel Scaloni

Juru taktik yang akan menakhodai timnas Argentina pada Piala Dunia 2022 ialah Lionel Scaloni. Dia merupakan sosok yang tak asing lagi karena pernah menjadi asisten Jorge Sampaoli sejak 2018 silam.

Setelah sempat bertugas di tim junior Argentina, Lionel Scaloni kemudian mendapatkan mandat untuk menjadi pelatih kepala Ala Albiceleste pada 2020.

Sejauh ini, salah satu pencapaian terbaik Lionel Scaloni ialah ikut membantu timnas Argentina meraih gelar juara Copa America 2021.

Daftar Pemain (per Juni 2022)

Penjaga Gawang

Emiliano Martinez
Juan Musso
Geronimo Rulli
Franco Armani

Belakang

Lisandro Martinez
Lucas Martinez Quarta
German Pezzella
Nicolas Otamendi
Nicolas Tagliafico
Juan Foyth
Gonzalo Montiel
Nahuel Molina

Gelandang

Guido Rodriquez
Leandro Paredes
Rodrigo de Paul
Exequiel Palacios
Cristian Medina
Alexis Mac Allister
Manuel Lanzini

Penyerang

Lucas Ocampos
Nicolas Gonzalez
Exequiel Zeballos
Lionel Messi
Angel Di Maria
Angel Correa
Joaquin Correa
Lautaro Martinez
Julian Alvarez
Lucas Boye

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More