Rauhanda Riyantama
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Japan Open 2022. (Instagram/@badminton.ina)

Bolatimes.com - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersingkir di babak perempat final Japan Open 2022. Mereka tumbang lawan wakil China, Liang Wei Keng/Weng Chang, Jumat (2/9/2022).

Dalam pertandingan di Maruzen Intec Arena Osaka, Jepang itu, Fajar/Rian kalah setelah bertarung tiga gim dengan pasangan ganda putra peringkat 88 dunia itu dengan skor 18-21, 21-19, 16-21.

Kekalahan ini memastikan sektor ganda putra Indonesia gagal merebut gelar juara dalam dua turnamen beruntun di Jepang.

Baca Juga:
Mesut Ozil dan Kompatriot Lionel Messi Dirumorkan Susul Jordi Amat ke JDT

Sebelum Japan Open 2022, sektor yang diasuh pelatih Herry Iman Pierngadi ini juga harus gigit jari meski meraih hasil yang lebih baik dari turnamen ini.

Di Kejuaraan Dunia 2022, sektor ganda putra Indonesia mampu mengirim dua wakilnya ke semifinal yakni Fajar/Rian dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Kedua pasangan saling bertarung di semifinal dengan Hendra/Ahsan sukses melaju ke partai puncak. Di final Kejuaraan Dunia 2022, The Daddies pada akhirnya harus puas jadi runner-up setelah takluk oleh wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga:
Naturalisasi 3 Pemain Keturunan, Pundit Vietnam Sindir Perkembangan Sepak Bola Indonesia

Kembali ke Japan Open 2022, prestasi sektor ganda putra Indonesia bisa dibilang tidak terlalu baik. Perempat final merupakan hasil maksimal yang dapat mereka raih tahun ini.

Sebelum Fajar/Rian terhenti, empat pasangan ganda putra Indonesia lainnya sudah lebih dulu tersingkir di babak 16 besar.

Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muahmmad Shohibul Fikri dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Ines Rau, Model Transgender yang Gosipnya Jadi Pacar Baru Kylian Mbappe

Selain dari sektor ganda putra, wakil Indonesia dari sektor lain yakni ganda putri dan tunggal putri juga sudah habis tersingkir.

Ganda putri yang memiliki dua wakil di perempat final lewat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi tidak mampu melangkah lebih jauh.

Apriyani/Fadia disingkirkan pasangan ganda putri ranking satu dunia asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, sementara Febriana/Amalia dihadang wakil Korea Selatan, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong.

Baca Juga:
Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Jadi WNI, Gelanda Timnas Indonesia Ini Bahagia Banget

Di sisi lain, sektor tunggal putri yang hanya diwakili Gregoria Mariska Tunjung juga terhenti di perempat final. Gregoria dibungkam wakil China ranking tiga dunia, Chen Yu Fei.

Hasil itu membuat Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di ajang ini. Tunggal putra rangking 35 dunia itu akan memainkan babak perempat final kontra Kenta Nishimoto dari Jepang.

Load More