Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Potret pemain Timnas Vietnam usai kalahkan Malaysia 3-0 di Piala AFF 2020. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Dua penggawa Timnas Vietnam blak-blakan mengaku ingin menantan Thailand di final Piala AFF 2022, bukan Timnas Indonesia.

Kedua pemain yakni Vu Van Thanh dan Phan Van Duc menilai Thailand sebagai rival kuat. Karenanya, terpacu ingin mengalahkan skuad Gajah Perang.

Garuda Muda tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang playoff antara Brunei Darussalam atau Timor Leste berdasarkan hasil undian yang dirilis, Selasa (30/8/2022). Sedangkan Vietnam ada di Grup B Piala AFF 2022 bersama Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Meski tidak berada di grup yang sama, rivalitas timnas Indonesia dan Vietnam bisa berlanjut di babak penyisihan jika kedua negara itu sama-sama lolos ke semifinal atau final.

Akan tetapi, pemain Vietnam nyatanya tidak memandang tim asuhan Shin Tae-yong sebagai lawan terkuat. Alih-alih timnas Indonesia, pemain Golden Star Warriors mewaspadai Thailand.

"Vietnam sudah lebih siap dari tahun lalu dan saya yakin kami akan bermain bagus di Piala AFF 2022. Apa yang bisa lebih baik daripada bertemu Thailand di final," ucap Vu Van Thanh dikutip dari Bongda Plus pada Rabu (31/8/2022).

"Apapun yang Anda katakan, Thailand merupakan tim besar di kawasan ini. Jadi bertemu mereka selalu merupakan perasaan yang tak tergambarkan," sambung pemain yang berposisi sebagai bek ini.

Senada dengan rekan setimnya, striker Golden Star Warriors bernama Phan Van Duc juga menyebutkan Thailand adalah lawan yang terkuat.

"Vietnam berada di Grup yang relatih mudah. Di Grup ini, Malaysia dan Singapura adalah lawan berat dan kami harus bersaing dengan mereka untuk ke semifinal dan yang terpenting adalah persiapan kami di Piala AFF 2022," ucap Phan Van Duc.

"Secara pribadi, saya masih selalu memikirkan pertandingan melawan Thailand. Mingkin kita akan melihat mereka di final. Jika demikian, semuanya hebat," tegasnya.

Adapun turnamen Piala AFF 2022 ini akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Ajang ini akan berbeda dari edisi sebelumnya.

Sebab, setiap tim akan mendapatkan jatah sebagai tuan rumah dalam dua pertandingan. Di sisi lain, laga tandang juga akan dilakukan dua kali.

Load More