Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

Bolatimes.com - Timnas Vietnam diklaim bisa lolos dengan mudah ke semifinal Piala AFF 2022 setelah tak satu grup dengan Timnas Indonesia.  

Berdasarkan hasil undian grup Piala AFF 2022 yang diumumkan Selasa (30/8/2022),  Grup A dihuni oleh Thailand, Timnas Indonesia Filipina, Kamboja, dan pemenangan playoff antara Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Sedangkan Grup B dihuni oleh Vietnam bersama Malaysia. Kemudian tiga tim lainnya adalah Singapura, Myanmar, dan Laos.

Media Vietnam girang timnasnya tidak akan bertemu anak asuh Shin Tae-yong di fase grup Piala AFF 2022. Mereka pun membuat laporan bahwa tim Golden Star Warriors punya catatan dominan dari empat lawannya.

"Grup Vietnam tidak terlalu mudah ketika semua empat lawan menunjukkan kemajuan. Namun, dalam hal penampilan mereka di masa lalu, Vietnam bisa mengharapkan hasil baik untuk lolos ke fase grup dan mengamankan tempat di semifinal," tulis laporan The Thao247.

The Thao247 melaporkan Vietnam benar-benar dominan ketika bertemu Malaysia. Nyatanya tim Golden Star Warriors menang 14 kali dari Harimau Malaya dalam 22 pertemuan yang sudah dilakoni dan sisanya hanya tiga imbang serta lima kalah.

Media Vietnam ini juga membanggakan statistik head to head timnasnya melawan Singapura. Sebab dalam 22 tahun terakhir, The Lions belum pernah menang.

Terakhir kali Singapura mengalahkan Vietnam adalah ketika Piala Tiger 1998 silam.

Sedangkan rekor pertemuan Vietnam melawan Myanmar juga terbilang mentereng. Dari 10 pertemuan, Golden Star Warriors menang tujuh laga, dua kali imbang, dan hanya sekali kalah.

Terakhir jika dibandingkan dengan Laos, Vietnam juga unggul jauh. Pasalnya mereka belum pernah kalah dari 11 pertemuan, dengan hasil 10 kemenangan dan sisanya imbang.

Melihat rekor pertemuan tersebut, media Vietnam mengatakan bahwa tim asuhan Park Hang-seo bisa menyegel satu tempat di semifinal Piala AFF 2022.

Namun patut diwaspadai kini negara-negara Asia Tenggara juga sudah berkembang. Bukan tak mungkin akan terjadi kejutan jika anak asuh Park Hang-seo menganggap remeh lawannya.

Load More