Rauhanda Riyantama
Para pemain Timnas Curacao merayakan gol Jurien Gaari (bawah) pada pertandingan sepak bola babak pertama Piala Emas Concacaf Grup B antara Jamaika dan Curacao di Los Angeles pada 25 Juni 2019. (Frederic J. BROWN / AFP)

Bolatimes.com - Membedah kekuatan Curacao, tim nasional yang akan menjadi calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2022 pada September 2022 mendatang.

Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia akan kembali beraksi saat melakoni agenda internasional bertajuk FIFA Matchday pada bulan September mendatang.

Di FIFA Matchday terakhir pada tahun 2022 ini, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan salah satu negara kuat, yakni Curacao.

Baca Juga:
Terungkap Durasi Kontrak Luis Milla di Persib Bandung, Tak Cuma Semusim

Curacao merupakan sebuah negara kecil di Kepulauan Karibia yang hanya memiliki luas 444 km persegi dan populasi sekitar 150 ribu penduduk lebih.

Meski terkesan kecil, Curacao bukanlah tim sembarangan di kancah internasional. Sebab, tim nasional berjuluk La Familia Azul ini berada di peringkat 84 FIFA.

Peringkat yang dimiliki Curacao sendiri berjarak 71 peringkat dari Timnas Indonesia yang saat ini duduk di ranking ke-155 FIFA.

Baca Juga:
Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Asisten Shin Tae-yong Sebut Timnas U-19 Tak Pakai Pemain Naturalisasi

Laga melawan Curacao sendiri akan menjadi laga ujian bagi Timnas Indonesia, yang telah dua tahun lebih ditukangi oleh Shin Tae-yong.

Selain itu, laga ini juga digunakan Timnas Indonesia untuk menaikkan ranking FIFA. Pasalnya, dengan lawan yang punya posisi lebih baik, skuad Garuda bisa menaikkan rankingnya andai meraih kemenangan.

Meski begitu, Curacao sendiri bukanlah lawan mudah yang bisa dikalahkan begitu saja oleh Timnas Indonesia pada FIFA Matchday kelak.

Baca Juga:
Profil Muhammad Akrom, Pemain Persikab Bandung yang Dipanggil Timnas Indonesia U-19

Sebab, Curacao memiliki beberapa pemain yang punya pengalaman di level internasional dan juga bermain di liga-liga top Eropa.

Dihuni Pemain Bintang

Timnas Curacao yang berlokasi di Kepulauan Karibia merupakan tim yang tergabung di zona Amerika Utara, Tengah, Karibia atau CONCACAF.

Baca Juga:
3 Wasit Berlisensi FIFA yang Dihukum PSSI, 8 Pekan Dibebastugaskan di Liga 1 2022

Sebelum dikenal sebagai Curacao, tim nasional ini dikenal sebagai salah satu tim Antillen Belanda, yang terdiri dari 6 pulau.

Hingga pada 2010 lalu, tim Antillen Belanda dibubarkan sehingga Curacao yang merdeka pun masuk ke keanggotaan FIFA, tepatnya pada 2011.

Karena masuk keanggotaan FIFA, Curacao pun meneruskan ranking dari Antillen Belanda dan segala sejarah sepak bola yang ada dalam tim Antillen Belanda itu.

Keidentikannya dengan Belanda membuat Curacao pun memiliki hal-hal yang berkaitan dengan negeri Kincir Angin tersebut.

Diketahui, Curacao pernah dilatih oleh pelatih top Belanda seperti Guus Hiddink dan juga Patrick Kluivert.

Tak hanya pelatih, beberapa pemain Curacao sendiri juga memiliki darah Belanda dan banyak berkiprah di negara Tulip tersebut.

Di skuad Timnas Curacao saat ini, terdapat 10 pemain yang membela klub-klub Belanda, seperti Vurnon Anita, Jurien Gaari, dan Kevin Felida.

Tak hanya para pemain senior, para pemain muda Curacao juga mentas di Belanda bersama tim-tim muda seperti Jong PSV seperti Tyrick Bodak.

Selain para pemain tersebut, ada pula Juninho Bacuna yang bermain di Huddersfield Town, Roly Bonevacia yang bermain di Ajax Amsterdam, dan Cuco Martina yang pernah membela Southampton.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More